107 Rumah di Kertapati Ludes Dilalap Si Jago Merah

0
5

 

                                    Haris

beritasebelas.com,Palembang – Peristiwa kebakaran yang terjadi di Jalan Kemas Rindo, Lorong Santai, Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati Palembang, Rabu (10/7) menyebabkan sedikitnya 107 rumah hangus dilalap api.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel menyebut terdapat 532 jiwa yang tergabung dalam 131 kepala keluarga (KK) dan tersebar di empat RT dalam wilayah tersebut, yakni RT 25, 26, 27, 28 yang menjadi korban kebakaran.

“Yang terdampak dalam kebakaran ini sebanyak 107 rumah,” ujar Ansori, Kabid Penanggulangan Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel.

Sementara itu saat kejadian sejumlah warga sempat mendengar tiga suara ledakan dan saat berhamburan keluar rumah, api sudah membesar. Lalu dengan alat seadanya warga bergotong-royong memadamkan api.

Namun api yang sudah membesar terus memberangus bangunan yang umumnya terbuat dari kayu dan ditambah derasnya angin membuat kobaran api dengan cepat menjalar ke sejumlah rumah warga.

Selain itu sempitnya akses juga cukup menyulitkan petugas pemadam menuju titik api. Api diduga berasal dari kompor yang meledak saat ditinggal dalam keadaan menyala dari rumah Asma (50) warga RT 28.

Namun dari kejadian ini dipastikan tidak menimbulkan korban jiwa, hanya saja penyebab kebakaran sedang dilakukan penyidikan oleh aparat kepolisian yang masih melakukan olah TKP.

Kapolsek Kertapati Palembang AKP Polin Eternal Agustinus Pakpahan membenarkan adanya bencana kebakaran tersebut dan saat ini pihaknya masih melakukan olah TKP serta mengumpulkan sejumlah keterangan saksi guna mencari penyebab kebakaran.

“Asal api dan kerugian belum dapat dipastikan karena sejauh ini masih dilakukan olah TKP. Hanya saja diperkirakan ada sekitar 100 unit rumah menjadi korban dalam peristiwa ini,” tandasnya.

print