11 Balonbup-Wabup Test Kesehatan Ulang

0
250
pilkada
Logo pilkada serentak

Beritasebelas.com, Palembang

Sesuai tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Sumsel, Minggu (2/8), menyerahkan hasil tes pemeriksaan kesehatan terhadap 19 pasang bakal calon bupati (Balonbup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Balonwabup) dari tujuh kabupaten yang menggelar pilkada kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Penyerahan hasil tes kesehatan mulai 29 Juli hingga 30 Juli itu, dipusatkan di Aula Gedung KPU Sumsel, Minggu (2/8). Hasilnya dari 38 orang cabup dan cawabup ini, sekitar 27 orang tidak ada masalah mengenai kesehatannya.
Namun, sebelas orang cabup dan cawabup perlu dilakukan tindakan pemeriksaan ulang atau pendalaman pemeriksaan lanjut di Rumah Sakit Dr Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang.
Mereka mulai di periksa berdasarkan jadwal, Senin (3/8) sekitar 08.30 hingga tengah hari di lantai II gedung Graha Spesialis Rumah Sakit Dr Moehammad Hoesin (RSMH) Palembang
Pada pemeriksaan kesehatan lanjutan ini ada 11 calon kepala daerah yang kembali menjalani pemeriksaan kesehatan dua jenis Test psikometri. / kejiwaan dan verifikasi medis.
11 orang tersebut adalah Balonbup PALI Heri Amalindo, Balonbup PALI jalur independen Eftiyani, Balonwabup PALI Edi Haryanto.
Untuk Balonbup Ogan Ilir (OI) adalah AW Novriadi, Balonwabup Feri Antoni, Eni Melani dari OKU Timur.
Dari Muratara pasangan . M Isa Sigit dan Siti Nurizka Puteri Jaya , Balonbup Mura , Hendra Gunawan, Balonwabup OKU Nasir Agun dan Balonwabup Mura, Ngadi.
Ketua KPU Sumsel Aspahani mengatakan kalau pihaknya baru menerima laporan hasil kesehatan lanjutan 11 orang tersebut, Selasa (3/8).
” Kita tunggu hasil dari IDI, kalau sudah diserahkan bisa kita folow up lagi, penegasan dari tim kesehatan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat dan pada prinsipnya 11 orang ini sedang dinilai kembali, apa hasilnya tunggu bae,” katanya.
Untuk tahap selanjutnya pihaknya akan mengumumkan perbaikan-perbaikan seperlunya berkas balonbup dan balonwabup tanggal 4 Agustus.
” Itu perbaikan kelengkapan berkas juga, syarat calon yang masih kurang lengkap,” katanya.
Sedangkan balonbup PALI, Heri Amalindo usai pemeriksaan kesehatan lanjutan mengakui harus mengikuti test kesehatan lanjutan di RSMH Palembang.
“Kami diminta untuk melakukan tes kesehatan kembali, karena ada masalah-masalah yang kurang relevan, kami diminta untuk menjawab pertanyaan lagi jumlahnya 560 dalam tes psikometrik secara tertulis,” katanya.
Sedangkan materi pertanyaan menurutnya sama dan lebih dipertegas lagi bagaimana masalah pribadi, kejiwaan.
” Yang diperiksa tadi ada 11 orang kalau dari jalur independen dari PALI ada Eftiyani sama Edi Heriyanto,” katanya.
Sedangkan parpol pengusungnya tidak ada masalah lagi dan dia optimis menang dalam pilkada kali ini.
Sedangkan Balonbup jalur independen dari PALI Eftiyani membantah kalau dirinya ikut test kesehatan ulang namun hanya verifikasi medis saja.
” Hanya konfirmasi obat nyeri di kaki yang aku makan kemarin, bukan test kesehatan ulang , cuma verifikasi medis saja , aku tunjukkan resep dokternya, tidak ada masalah saya,” katanya.
Sedangkan Balonwabup Siti Nurizka Puteri Jaya mengakui mengikuti test kesehatan ulang dengan melakukan test pesikometrik /kejiwaan .
” Mungkin dari daerah kemarin ngantuk, khan jauh,” katanya.
Sedangkan Balonwabup Mura, Ngadi mengaku telah melakukan test kesehatan ulang berupa psikometrik/kejiwaan. ” Itu saja , ” katanya.(Qis)


print