16 Parpol di Lahat Ikut Deklarasi Damai di KPUD

0
14
[Ketua KPUD Lahat Samsurizal Nusir bersama peserta deklarasi damai saat melepaskan balon ke udara secara bersama dengan 16 partai politik – foto A Yudiansyah beritasebelas]

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lahat, menggelar deklarasi damai Pileg dan Pilpres diikuti oleh 16 partai politik. Dalam deklarasi ini, kewaspadaan terhadap politik uang, berita hoax, sara dan hal yang bisa menggangu Kamtibmas menjadi kesepakatan dan komitmen bersama.

Selain itu, integritas dari penyelenggara dan sportifitas peserta Pemilu juga menjadi faktor penting penunjang pelaksanaan Pileg dan Pilpres dapat berjalan dengan kondusif. Deklarasi damai ini pun ditandai dengan melepaskan puluhan balon ke udara secara bersama-sama.

Ketua KPU Lahat,  Samsulrizal Nusir menegaskan dengan adanya deklarasi ini, ia berharap adanya komitmen dari semua peserta pemilu untuk tidak mencederai pelaksanaan pemilu. Misalnya, dengan tidak melakukan politik sara, politik uang, dan menyebarkan informasi hoax.

“Jangan sampai ada politik uang, sara dan lain sebagainya. Pilkada Lahat yang bisa menjadi pengalaman bersama. Maka dari itu, mari kita wujudkan Pemilu yang damai dan berintegritas,” sampai Samsurizal dalam sambutan deklarasi kampanye damai Kamis, 4 Oktober 2018.

Senada, Ketua Bawaslu Lahat Andra Juarsyah, meminta agar semua peserta mematuhi semua aturan yang ada.  Lebih dalam Andra berharap penyelenggara Pemilu mampu mempertahankan integritasnya. Jangan sampai penyelenggara mau diiming-imingi suap, mau diintervensi pihak manapun yang melanggar hukum.

“Kepada penyelenggara mari kita sama-sama jaga integritas dan netralitas kita,”tegas Andra,  dihadapan anggota Parpol, jajaran SKPD Pemerintah Kabupaten Lahat,  FKPD dan juga ormas yang hadir dalam deklarasi ini.

Sedangkan Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi, SIK mengajak semua pihak bisa menjaga Kamtibmas ditengah masyarakat. Jangan ada yang ‘memancing’ terjadinya kisruh dengan menyebar informasi hoax, politik sara dan politik uang.  Dikatakan Roby,  Pemilu baik Pileg maupun Pilpres tidak boleh memecah belah persaudaraan hanya karena beda pilihan.

“Mari kita jaga ketertiban. Dan kami siap menyukseskan dan mengamankan jalanya Pemilu,” tegasnya.

print