300 Peserta Akan Ramaikan Rakornas VII Komisi Informasi

0
141

beritasebelas.com

****

ADVERTORIAL

Beritasebelas.com, Palembang – Komisi Informasi akan melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional VII, yang rencananya akan di laksanakan pada tanggal 18 hingga 21 Oktober 2016. Kota Palembang Sumatera Selatan di tunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakornas mendatang.

Ketua
[Ketua Komisi Informasi Daerah Sumatera Selatan Kafri Jaya tengah saat konperensi pers persiapan Rakornas VII Komisi Informasi]
Ditunjuknya Kota Palembang sebagai tuan rumah Rakornas VII, merupakan hasil dari kesepakatan dari Rakornas VI Komisi Informasi di Provinsi Aceh. Hal tersebut di kemukakan oleh Ketua Panitia Lokal Rakornas VII Komisi Informasi, Drs Muhammad Zaky pada konperensi pers di Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumatera Selatan pada tanggal 21 Juli 2019 kemarin.

“Saya menjadi jubir pada pleno Rakornas VI di Aceh, dan menyatakan Sumatera Selatan siap menjadi tuan rumah saat itu, kami bertiga sampaikan itu dan dalam pleno terjadi perdebatan karena ada beberapa provinsi menginginkan menjadi tuan rumah.” ujarnya.

ketua3
[Panitia Lokal Rakornas VII di dampingi Ketua Komisi Informasi dan Kepala Bidang SKDI Dinas Perhubungan,Komunikasi dan Informatika Sumatera Selatan jawaban pertanyaan awak media]

Di dampingi Sekretaris Panitia Lokal Rakornas VII, Agus Srimudin dan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan diwakilkan Kepala Bidang SKDI H Afrian Joni, Muhammad Zaky menjelaskan pada Rakornas VII akan diikuti 300 peserta terdiri dari 212 Komisioner Komisi Informasi, 48 Sekretariat, dan 40 peserta sebagai peninjau.

Sedangkan pada saat acara pembukaan akan ada sekitar 1.000 undangan yang akan menghadiri pembukaan Rakornas VII tersebut, yang terdiri dari 300 peserta Rakornas sendiri, gubernur se Indonesia, bupati/walikota se Sumatera Selatan, badan publik, pimpinan BUMN/BUMD, forum koordinasi perangkat daerah, satuan kerja perangkat daerah Sumatera Selatan, serta unsur masyarakat.

Rakornas VII sendiri menurut Zaky, akan membahas perkembangan dan kebijakan terkait Komisi Informasi, peraturan perundang-undangan terkait keterbukaan informasi publik, kegiatan anggaran, hubungan antar lembaga, serta membicarakan isu-isu strategis dalam rangka pembangunan bangsa dan negara di bidang kedaulatan informasi.

Pada saat pembukaan di harapkan kehadiran Presiden RI Joko Widodo, Mantan Presiden, Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono, apabila ini bisa terwujud, ini akan tertulis dalam tinta emas, sejarah Komisi Informasi.

Selain itu diharapkan akan menghadiri Rakornas VII dan juga sebagai pembicara anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI dan anggota DPD RI utusan Sumatera Selatan, juga panitia akan mengundang Kapolri Tito Karnavian.

Panitia lokal akan menjamu seluruh peserta Rakornas VII dengan mengadakan kegiatan seperti Musi River Tour, Welcome Dinner, dan Palembang City Tour, sehingga Kota Palembang sebagai tuan rumah ASIAN Games 2018 lebih dikenal.

print