60 Persen Kelulusan Ditentukan Nilai USBN, Hari Ini Pelajar SMP Jalani USBN

0
64

Arto

[Para siswa SMP Negeri 9 Palembang saat menjalani USBN hari pertama – foto Arto beritasebelas]
beritasebelas.com,Palembang – Sebagaimana dijadwalkan, hari ini dilaporkan setidaknya ada 200 an SMP di Kota Palembang tengah menggelar Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) secara serentak. Pasalnya USBN ini menentukan hasil kelulusan siswa, yaitu 60 persen dari nilai USBN dan 40 persen dari nilai keseharian.

USBN dilaksanakan selama 4 hari, mulai dari hari ini sampai tanggal 19 April 2018. Kepala SMPN 9 Palembang, Hastia mengatakan, pihaknya sudah diberikan arahan bahwa penentu kelulusan sekolah siswa dari nilai USBN.

“Alhamdulillah sebelum melaksanakan ujian sekolah, semua siswa sudah kita berikan arahan,” kata Hastia, Senin 16 April 2018.

Meski ada siswanya yang sudah lulus di SMA Negeri 17 Palembang dan SMA Negeri 1 Palembang melalui jalur PMPA, tapi pihaknya tetap menekankan kepada siswa untuk tetap memprioritaskan USBN.

“Dan kami menekankan kepada siswa bahwa ini menentukan kelulusan. Persiapannya juga ada pelajaran tambahan kepada siswa,” terangnya lagi.

Dikatakannya, ada 7 mata pelajaran yang di USBN kan, yakni Agama, Bahasa Indonedia, PKN, IPA, Matematika, IPS dan Bahasa Inggris.

“Hari ini mata pelajaran Agama dan Bahasa Indonesia, dimana untuk mata pelajaran Agama, ada agama Islam, Kristen dan Hindu,” tuturnya.

Lanjutnya, saat ini jumlah siswa yang ikuti ujian ada sebanyak 294 siswa. Sementara 1 siswa tidak bisa ikut USBN, dikarenakan sakit.

“Tadi ada laporan siswa kita di rawat di Rumah Sakit Charitas, sehingga dia (siswa,red) tidak bisa ikut ujian sekolah. Dan akan ikut ujian susulan pada tanggal 30 April 2018 nanti. Untuk kendala lain, alhamdulillah tidak ada,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, Kepala SMP Negeri 40 Palembang, Wahyuni mengatakan, saat ini persiapan USBN sendiri sudah sangat matang. Sebelum diadakan USBN, pihaknya meminta siswa kelas 9 mengikuti pelajaran tambahan dan ada try out nya.

“Kita melakukan itu untuk menjadikan lulusan alumni SMP Negeri 40 Palembang, dapat menggapai cita-cita nya masuk ke SMA/SMK Negeri dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” pungkasnya.

Sedangkan, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Palembang, Herman Wijaya menuturkan, USBN serentak dari jam 7.30 sampai jam 12.00. Mengenai kendala sampai saat ini tidak ada.

“Bahwa penentu kelulusan ditentukan masing-masing sekolah melalui USBN. Karena pihak sekolah lah yang tahu rangking dan prestasi siswa,”pungkasnya.

print