75 Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan Resmi Dilantik

0
405

Advertorial

Anita dan Giri Ditetapkan Pimpinan Sementara

beritasebelas.com,Palembang – Sebanyak tujuh puluh lima orang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Selatan periode 2014-2019, dari Partai Golkar, Partai PDI-Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, Partai PKS, kemudian Partai Hanura, Partai Perindo dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi dilantik dan diambil sumpahnya diruang utama gedung DPRD Provinsi Sumatera Selatan di Jalan Kapten A Rivai Simpang Lima Palembang, Selasa 24 September 2019.

[Ketua Pengadilan mengambil sumpah dan janji anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan 2019-2024]
Pelantikan tersebut, berlangsung pada rapat paripurna LXV dengan agenda tunggal pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan periode 2014-2019.

Acara diawali dengan pembukaan rapat paripurna LXV oleh Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, H MA Gantada, SH, MHum. Dalam sambutannya Gantada yang tidak lupa menyapa seluruh hadirin yang hadir mulai dari Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, Wakil Gubernur H Mawardi Yahya, mantan pejabat dari berbagai unsur mulai dari mantan Gubernur Sumatera Selatan yakni H Syahrial Oesman, H Alex Noerdin, mantan Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Ishak Mekki, serta ribuan undangan dari berbagai unsur dan keluarga para anggota dewan terpilih.

[Pemasangan PIN DPRD Provinsi Sumatera Selatan]
Gantada dalam sambutan resminya menyebutkan para anggota dewan yang terpilih pada periode ini merupakan hasil dari pemilihan umum yang dilaksanakan serentak pada 17 April 2019 lalu.

“Saya meyakini dengan berbekal semangat kerja keras, kerja cerdas serta didukung dengan kemampuan dan pengalaman, seluruh anggota DPRD Sumsel ini In sya Allah dapat memenuhi harapan masyarakat,” kata Gantada yang juga menyebutkan bagi anggota dewan yang sudah memasuki masa bakti lima tahun, sudah menunjukkan kekompakan di internal. Kemitraan yang terjalin antara eksekutif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, kondisi ekonomi dan pembangunan di Sumatera Selatan secara bertahap menunjukkan kemajuan dan peningkatan yang semakin baik.

[Penandatangan berkas pengambilan sumpah dan janji sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan 2019-2024]
“Pada awal tugas DPRD masa jabatan 2014-2019, DPRD Sumsel telah mengesahkan APBD TA 2014 sebesar Rp 6,9 triliun. Dan pada TA 2019 Raperda tentang APBD Perubahan Provinsi Sumsel TA 2019 telah disepakati dan disetujui sebesar Rp 10,53 triliun. Ini terjadi peningkatan yang cukup signifikan,” ujar Gantada yang juga atas nama segenap anggota dewan 2014-2019 bersama keluarga mohon diri dan mohon maaf kepada semua pihak atas segala kekurangan maupun kekhilafan dalam melaksanakan tugas. Kepada anggota dewan yang baru dilantik, Gantada mengucapkan selamat bekerja semoga sukses.

Pada kesempatan ini, Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Ramadhan S Basyeban membacakan pengumuman penyerahan palu pimpinan DPRD masa bakti 2014-2019 HM Gantada kepada Ketua Sementara Hj RA Anita Noeringhati, SH MHum didampingi Wakil Ketua Sementara HM Giri Ramanda N Kiemas SE, MM.

[Pimpinan sementara DPRD Provinsi Sumatera Selatan periode 2019-2024]
Dalam sambutan sebagai Ketua Sementara DPRD Provinsi Sumatera Selatan,  RA Anita Noeringhati menyebutkan bahwa dirinya mengawali tugas sebagai pimpinan masa jabatan 2019-2024 akan melaksanakan beberapa tugas yang sangat mendesak antara lain memimpin rapat-rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD dan memproses penetapan pimpinan definitif.

“In sya Allah akan kami jalani amanah dengan sebaik-baiknya, kami mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD periode 2014-219 yang telah mengabdi selama 5 tahun dan akan kembali melanjutkan pengabdian, serta mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah memilih anggota DPRD Sumsel,” kata Anita.

[Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan periode 2009-2014]
Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan pengangkatan anggota DPRD Sumatera Selatan masa jabatan 2019-2024, berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri, sumpah janji ini puncak dari pesta demokrasi yang berlangsung pada April lalu.

“Mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, sehingga Pemilu lalu dari kabupaten/kota hingga provinsi sehingga Pemilu berjalan dengan lancar dan aman,” kata Deru.

 

print