Ajarkan Siswa Wirausaha Melalui Pemanfaatan Sumur Bor

0
5
Siswa SMA Negeri 21 Palembang saat memanfaatkan sumur bor untuk penggunaan air ledeng, wudhu dan lainnya – Foto Arto/beritasebelas.com]

Arto

beritasebelas.com, Palembang – Sebagai pilot projek sekolah wirausaha, pihak SMA Negeri 21 Palembang terus mengajarkan anak berjiwa wirausaha. Sehingga pada gilirannya para lulusan yang tak melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi akan memililih wirausaha.

Program terbaru, pihak sekolah mendirikan sumur bor dengan kedalaman 96 meter yang dimanfaatkan untuk wirausaha ternak lele, aliran ledeng dan pemanfaatan penggunaan wudhu.

“Dan hasilnya ini kita manfaatkan untuk sekolah. Dan ini sekaligus mengajarkan anak berwirausaha karena ini juga diolah dan dibantu oleh siswa,”ujar Kepala SMA Negeri 21 Palembang Zulkarnain MPd, Senin 9 September 2019.

Ia menambahkan pemanfaatkan sumur bor ini juga sekaligus membantu warga sekitar karena aliran Perusahaaan Daerah Air Minum (PDAM) belum sampai ke kawasan Talang Betutu dan sekitarnya.

Pasalnya, warga sekitar SMA Negeri 21 Palembang dari kompleks perumahan sekitar sudah mulai menyambung aliran air di sumur bor tersebut.

“Karena sejak tiga tahun lalu, saya disini. Sampai sekarang belum ada PDAM yang masuk. Sehingga kita coba untuk membuat sumur bor untuk memaksimalkan air baik untuk sekolah maupun warga,”urainya.

Program ini menurut Zulkarnain merupakan hasil musyawarah wali murid siswa. Hal ini dilatarbelakangani sekolah yang sulit menggunakan air. Mulai dari wudhu, ternak lele dan lain sebagainya.

“Dan Alhamdulillah wali murid juga setuju. Dan sumbangan juga tidak memaksa,”pungkasnya.

print