Anggota PPK Talang Kelapa Diperiksa KPU

0
74

Haqulana

Coba Kondisikan PPK dengan Timses Balon Bupati

beritasebelas.com,Banyuasin – Terindikasi melakukan pengkondisian anggota PPK dengan tim sukses salah satu Bakal Calon Bupati Banyuasin di Kecamatan Talang Kelapa, Raden Zakaria anggota PPK Talang Kelapa dipanggil petugas KPUD Banyuasin, Selasa 28 November 2017.

Ketua KPUD Banyuasin Dahri mengatakan, pihaknya mendapat informasi bahwa Raden Zakaria telah mengatur pertemuan antara tim sukses bakal calon kepala daerah dengan anggota PPK dari Kecamatan Talang Kelapa, Rantau Bayur, Tanjung Lago, Rambutan, Sumber Marga Telang dan Sumber Marga Telang di Kota Palembang.

[Surat panggilan dari KPU Banyuasin]
“Mendapat laporan itu, kami memanggil yang bersangkutan untuk dimintai keterangan,” katanya.

Berdasarkan keterangannya, lanjut Dahri, Dia mengakui melakukan pertemuan dengan sejumlah anggota PPK dari berbagai kecamatan, namun bukan untuk mengkondisikan calon. Melainkan hendak membesuk ada rekannya yang sakit.

Selain mengambil klarifikasi Raden, pihak KPU juga mengumpulkan bukti dan saksi terkait dugaan kecurangan Pilkada ini dan akan menindaklanjuti untuk mengetahui kebenarannya.

“Saya tegaskan lagi pada PPK dan PPS, hindari bermain dengan calon, bekerjalah sesuai aturan. Sesuai dengan UU DKPP nomor 2 dan nomor 3 tahun 2017, jika PPK dan PPS melakukan pertemuan dengan salah satu calon, maka akan ditindak. Sanksinya tidak hanya pemecatan tapi bisa masuk ranah pidana,” katanya.

Sementara itu Raden menegaskan dengan sumpah atas nama tuhan, membantah tudingan yang ditujukan padanya tersebut.

“Demi Allah tidak ada agenda pengkondisian untuk mendukung salah satu calon,” bantahnya.

Namun dia mengakui melakukan pertemuan dengan rombongan PPK, usai membesuk keluarga yang sakit. Kemudian lewat chating di group media sosial, secara spontan ngakak ngopi bareng samibil bertukar informasi.

“Diantara rombongan kami itu ada sekitar 9 orang yang bertemu tersebut, diantaranya rekan dari Kecamatan Talang Kelapa, Rantau Bayur, Tanjung Lago, Rambutan, Sumber Marga Telang, dan ada teman di SMT pergi ke Palembang membesuk keluarganya, kemudian kita ngobrol di salah satu grup untuk bertemu dan ngopi bareng, itu saja,” tuturnya.

print