Awas ! Hepatitis A Mengintai.

0
3
[H Ubaidillah SKM MKes]

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Meskipun hingga saat ini pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat belum menerima laporan secara resmi, maupun laporan secara pasti berapa warga yang terjangkit virus penyakit Hepatitis A (sakit kuning), namun Kepala Dinas Kesehatan Lahat dr Rasyidi Amri MT MKM, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, H Ubaidillah SKM MKes membenarkan jika pihaknya memantau ada warga yang terjangkit.

Saat ditanya mengenai penyakit tersebut, Ubaidillah membeberkan jika penyakit tersebut merupakan penyakit menular melalui air dan makanan, maupun kontak langsung dengan manusia. Sehingga dapat menular ke banyak orang. Meski memiliki resiko kematian rendah, Ubaidillah tetap meminta masyarakat waspada terhadap penyebaran penyakit ini.

“Ciri-ciri orang yang terjangkit virus ini yaitu, badan, mata, dan air kencingnya menguning. Namun tidak perlu khawatir, penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya, asalkan daya tahan tubuh kita baik, dan istirahat yang cukup, juga dengan menghindari dehidrasi,” paparnya, Senin 8 Juli 2019.

Penyakit yang dapat menyerang semua usia ini, dapat dihindari dengan mengkonsumsi makanan dan air bersih yang betul terjamin kebersihannya. Ubaidillah menghimbau, agar pihak sekolah harus mengawasi kantin-kantin yang ada, mulai dari segi jajanan maupun cara masak dan penyajian.

“Jika ada yang terjangkit, wadah maka dan minum hrus dipisah dan dicuci dengan bersih. Resikonya bisa menular dengan yang lain,” himbaunya.

print