Awas, Musim Hujan Nyamuk Anopheles Mengintai

0
7
[Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, H Ubaidillah SKM, Mkes – foto:A Yudiansyah/beritasebelas.com]

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat  – Memasuki musim penghujan, masyarakat Kabupaten Lahat kini diminta waspada terhadap penyakit malaria dan demam berdarah yang mengintai. Bukan main-main, pasalnya sepanjang tahun 2018 ini tercatat sudah satu orang masyarakat Lahat meninggal dunia disebabkan terserang penyakit malaria yang disebabkan oleh nyamuk Anopheles ini.

Hal ini dibenarkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, dr H Rasyidi Amri MT, MKN melalu Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, H Ubaidillah SKM, Mkes. Ubaidillah meminta agar masyarakat Lahat harus berhati-hati terhadap nyamuk Anopheles, karena jika terserang dapat menyebabkan penyakit malaria, bahkan sampai meninggal dunia.

“Kemarin sudah ada salah satu pasien di rumah sakit Lahat yang meninggal akibat penyakit demam berdarah. Memang kalau untuk di puskesmas belum ada kasus ini,” ujarnya, sembari mengatakan, tidak mengetahui waktu persis terjadi kasus tersebut, Jumat 9 November 2018.

Ubaidillah juga menjelaskan jika perkembangbiakan nyamuk pada musim hujan ini pasti meningkat. Karena terdapat banyak genangan air yang menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Mengatasi hal tersebut, masyarakat juga diminta untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan, meminimalisir tempat-tempat yang menjadi genangan air, dan melakukan 3M (menguras, menutup, dan mengubur).

“Kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan, dan juga Kita jangan lengah. Rumput-rumput juga bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Biasanya rumput yang sudah tinggi, nyamuk juga sering bersarang disana,” terangnya.

print