BPPD Yang Kena Pajak, Hanya Usaha Beromset Puluhan Juta Perhari

0
2
[Sulaiman Amin Kepala BPPD Kota Palembang]

Yudiansyah

beritasebelas.com,Palembang – Kepala Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang, Sulaiman Amin, mengungkapkan jika restoran pempek yang diambil pajak beromset puluhan juta saja.

Ia menjelaskan, aturan dalam memungut pajak memang ada yakni Perda nomor 2 tahun 2018, tentang pajak daerah, dimana dalam aturannya setiap usaha dengan omset Rp 3 juta per bulan sudah kena pajak, tapi kan yang saat ini kita laksanakan/kita kejar pajaknya yang besar-besar saja potensinya.

“Untuk pengenaan pajak sendiri kami melakukan survei terlebih dahulu, pedagang pempek atau warung makan itu kita melihat ramai tidaknya, ukur omsetnya berapa, kalau memang besar baru kita pasang e-tax, secara gratis,” ungkap Kepala BPPD Palembang Sulaiman Amin, Kamis 11 Juli 2019 di ruang kerjanya.

Jika dikatakan  pempek sepeda pun kena pajak, dan warung makan kecil pun ikut kena itu tidak benar jadi sesuai dengan apa yang dijelaskan.

“Restoran pempek yang dipasang e-tax ini ukuran omsetnya sudah puluhan juta sampai 20 juta perhari, tak mungkin yang seperti ini tidak dikenakan pajak,  ini merupakan potensi bagi PAD kota Palembang,” ujarnya.

Pemasangan e-tax sendiri sambung Sulaiman Amin, bagian pusat kota ditempat potensial.

“Pemasangan e-tax ditempat potensial dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah, apalagi Kota Palembang tidak memiliki potensi pajak lainnya,” terang Sulaiman.

Semua transaksi setelah adanya pemasangan e-tax di setiap usaha, langsung masuk dalam bank. Jadi tidak ada namanya permainan baik dari pihak usaha maupun BPPD sendiri.

“Intinya semua transaksi masuk dalam rekening bank, bukan secara manual lagi tidak lain menghindari hal-hal yang tidak memungkinkan,”ulasnya.

Ia menambahkan, pihaknya tidak ada rencana untuk mengambil pajak dari usaha mikro kecil dan menengah malah pemerintah kota akan melakukan pembinaan.

“Kami berharap tidak ada oknum yang menyebar kan isu bahwa UMKM dikenakan pajak,” tambah dia.

print