Ciptakan Generasi Cinta Al Quran Lewat MTQ

0
33
[Suasana pembukaan MTQ Pelajar SD-SMP sekota Palembang di Disdik Kota Palembang – Foto Arto beritasebelas]

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Guna menciptakan generasi pelajar cinta Al Quran, Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pendidikan Kota Palembang menggelar lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) kategori pelajar SD dan SMP sederajat.

Kompetisi MTQ yang dibuka dipelataran Dinas Pendidikan Kota Palembang ini juga diikuti lomba Tahfiz Quran.

“Kita bakal membina 200 anak, dengan rincian 50 siswa/i SD/MI, 50 siswa/i SMP/MTs untuk Tahfiz Quran dan 50 siswa/i SD/MI, 50 siswa/i SMP/MTs untuk MTQ,” terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto usai membuka MTQ dan Tahfiz Al Quran tingkat SD/MI, SMP/MTs se Kota Palembang, Jumat, 1 Maret 2019.

Perekrutan 200 siswa tersebut, guna mencari bibit unggul dalam penghafalan Al Quran dan MTQ.

“Mereka akan di bina dan diajarkan Tajwid nya, mereka lah nanti menjadi aset Palembang, serta akan dijadikan dutanya qori dan qoriah kota Palembang,” jelasnya lagi kepada Bakohumas.

Dijelaskannya, untuk lomba MTQ dan Tahfiz Quran diikuti sebanyak 659 pelajar tingkat SD/MI hingga SMP/MTs sekota Palembang. Total untuk peserta MTQ tilawah sebanyak 345 dan untuk peserta Tahfidz ada sebanyak 350 orang.

“Ini dibagi untuk peserta MTQ putra tingkat SD/MI itu ada 51 dan putri 51 orang sedangkan untuk tingkat SMP/MTs itu untuk putra ada 122 orang dan putri ada 121 orang,” bebernya lagi.

Dia juga mengatakan untuk peserta tahdifz juga dibagi, untuk jumlah putra tingkat SD/MI ada 55 orang dan untuk putri ada sebanyak 50 orang. Sedangkan untuk tingkat SMP/MTs jumlah putra ada sebanyak 109 dan jumlah putri ada 136 orang.

“Lomba diadakan selama 3 hari, mulai dari 1-3 Maret dan tempat pelaksanaan lomba di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Palembang, di masjid Disdik Palembang dan aula lantai 3 Disdik. Dan pelaksanaan lomba ini baru pertama kali diadakan di Palembang,” tambah Zulinto.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Palembang, Harobin Mustofa menambahkan, mulai dari sekarang kita mencari bibit para Tahfiz Quran. Dan ini juga sekaligus menyukseskan Palembang Emas Darussalam.

“Selama ini kan sekolah atau dinas masih mencari-cari siapa yang bisa baca Al Quran, nah dengan adanya lomba ini nantinya kita gak perlu mencari-cari lagi karena sudah disiapkan dari sekarang,” jelasnya.

print