Danau Reban, Surga Tersembunyi Di Kota Pagaralam

0
44

[Suasana Danau Reban suguhkan fanorama alam yang menyejukkan mata – foto : A Yudiansyah/beritasebelas.com]

A Yudiansyah

beritasebelas.com, Pagaralam – Seakan tak ada habis-habisnya, Kota Pagaralam memang layak menyang predikat Kota Wisata. Banyak tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan seperti Gunung Dempo, Gren Paradise, Cuhup Embun dan banyak lainnya. Salah satunya ialah Danau Reban.

Danau Reban adalah salah satu objek wisata yang sangat layak untuk dikunjungi wisatawan. Banyak wisatawan yang belum mengunjungi atau bahkan belum tahu akan fanorama yang disuguhkan, layaknya surga yang tersembunyi.

Firman wisatawan dari Kota Jakarta mengatakan, Danau Reban sebenarnya lokasi wisata yang sangat memiliki nilai plus. Memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung, pemandangan yang di suguhkan begitu memanjakan mata. “Apalagi menunggu sunset di sana, sendu sekali sambil ditemani secangkir kopi Pagaralam yang khas,” tuturnya, Kamis 8 Agustus 2019.

Sama halnya dengan Firman, Adhi Alfian selaku warga setempat juga mengagumi akan keindahan Danau Reban yang menyuguhkan pemandangan Gunung Dempo ini. Lokasi Danau Reban juga sangat dekat dari pusat kota hanya berjarak 5 menit.

“Kita harapkan, masyarakat setempat bisa memanfaatkan objek wisata ini untuk menambah penghasilan serta meningkatkan PAD jika dikelola dengan baik,” paparnya.

Dilain pihak, Kepala Dinas Pariwisata Kota Pagaralam Burlian mengatakan, untuk tebat reban itu tanah dan lokasi milik masyarakat setempat. Saat ini, untuk membangun tempat wisata Pemerintah punya skala prioritas. “Sekarang skala prioritas kita adalah Gunung Dempo,” ujarnya via WhatsApp.

Ditambahkan Burlian, jika objek wisata skala prioritas sudah selesai, maka akan difokuskan di tempat potensi wisata yang lain. “Namun jika masyarakat setempat ingin megelolanya. Kita selalu pemerintah siap support atau membantu,” pungkasnya.

print