Dapat Restu Ketua MUI Lahat, API Siap Kawal Kasus Radius Wijaya

0
83

A Yudiansyah

[API bersama Ketua MUI Kabupaten Lahat – foto A Yudiansyah beritasebelas]
beritasebelas.com,Lahat – Kasus dugaan ujaran kebencian (hatespeech) yang dilakukan oleh Radius Wijaya (Alung) dijejaring sosial Facebook beberapa waktu yang lalu, mendorong terbentuknya Asosiasi Pembela Islam (API) di Kabupaten Lahat. API yang baru terbentuk beberapa hari yang lalu ini, berkunjung dan bersilaturahmi di kediaman H Zulkiah Kohar yang tak lain adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lahat, Jumat 30 Maret 2018 malam.

Ketua MUI Kabupaten Lahat, H Zulkiah Kohar tentunya menyambut baik niat dan rencana API untuk mengawal kasus yang saat ini sedang dalam proses pihak Polres Lahat.

“Jika kalian ingin melapor silakan saja, tentunya dengan cara yang baik dan sesuai prosedur, silakan ambil langkah-langkah selanjutnya, namun jangan sampai melakukan tindakan anarkis,” kata Zulkiah di kedimannya.

Aliansi Pembela Islam (API) Lahat yang di Ketuai oleh Elvin Kurniansyah merupakan perkumpulan organisasi Islam yang baru saja terbentuk di Lahat, berjanji akan turut serta mengawal proses hukum sampai tuntas agar kejadian tersebut tidak terulang lagi pada oknum-oknum lainnya.

“Alhamdulillah, restu dari ayahanda (Ketua MUI Lahat) menjadi semangat kita dalam mengawal kasus dugaan ujaran kebencian ini,” kata Elvin.

Sebelumnya Radius Wijaya alias Alung telah dilaporkan ke Polres Lahat oleh Khairul Anwar atas dugaan penyebaran ujaran kebencian melalui jejaring sosial Facebook minggu yang lalu. Namun untuk status hukumnya sendiri belum diketahui, karena pihak Polres Lahat sendiri belum memberikan statement secara terbuka, baik kepada pihak pendemo maupun ke rekan-rekan media.

print