Dewan Kesenian Daerah Lahat Gali Potensi Budaya Asli Lahat

0
127

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Lahat kembali melaksanakana kegiatan rutin tahunan, tema yang diusung dalam kegiatan kali ini adalah “Dalam Rangka Menggali, Melestarikan, Mengembangkan Seni budaya di Kabupaten Lahat Kita Tingkatkan Potensi Apresiasi Generasi Muda Kabupaten Lahat”.

Bertempat di gedung kesenian Kabupaten Lahat, Dalam kegiatan tahunan kali ini, Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Lahat mengadakan lomba, yang diharapkan bisa mengenalkan budaya dan seni yang ada di Kabupaten Lahat, diantaranya, lomba lagu daerah dan perjuangan, lomba tari kreasi daerah, lomba baca puisi, lomba melukis tingkat pelajar/umum se Kabupaten Lahat, dan juga lomba mewarnai tingkat TK/PAUD juga se Kabupaten Lahat.

[Pembukaan lomba kesenian daerah Lahat – Foto A Yudiansya beritasebelas]
Dalam sambutanya panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dari seluruh elemen, baik sekolah tingkat SMA, TK/PAUD, dan umum yang sudah membantu, memeriahkan dan ambil bagian dalam perlombaan kali ini.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, memeriahkan, dan juga ikut serta dalam perlombaan ini. Kegiatan ini bentuk apresiasi kami terhadap seni kebudayaan yang ada di Kabupaten Lahat,” Kata Riki

Sedangkan Dewan Kesenian Lahat yang diketuai oleh H Ismet Inonue Singnayuda menambahkan, kegiatan ini sebagai bentuk support dari pemerintah daerah dalam Melestarikan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Lahat.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah memfasilitasi kegitan ini, semoga kedepanya kita akan membangun koordinasi yang baik lagi kepada seluruh dinas terkait tentang seni kebudayaan yang ada di kabupaten lahat,” terang Ismet.

Selain itu, Ismet juga akan mengupayakan kedepannya, supaya menghidupkan kembali sanggar-sanggar ditingkat sekolah, agar pendidikan tentang seni dan kebudayaan ini memang sudah dikenalkan sejak di bangku pendidikan.

 

“Nanti kita akan berkoordinasi langsung dengan dinas pendidikan tentang Sanggar-sanggar yang ada di sekolah, untuk dihidupkan kembali, agar anak-anak kita mendapat pendidikan tentang seni dan budaya dari tingkat sekolah,” jelas Ismed.

Sedangkan Sekda Lahat dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada Dewan Kesenian, dan juga sangat mengapresiasi kepada seluruh peserta yang mengikuti perlombaan. Sebab, dengan kegitan ini semoga tergali kembali potensi seni dan budaya khususnya lagu dan tari daerah asli Lahat.

“Kita juga mengharapkan perlombaan ini nantinya bisa di lakukan di tingkat kecamatan Desa, dan di perlombakan kembali ketingkat kabupaten. Semoga dengan adanya lomba-lomba seperti ini, kita kembali menemukan potensi-potensi yang dimiliki anak-anak kita, khususnya di bidang lagu dan tari daerah asli Lahat,” ujar H Haryanto.

print