Dinas Kesehatan OKU, Ajak Masyarakat Sehat

0
28

Bagus

beritasebelas.com,Baturaja – Melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), Aparatur Sipil Negara (ASN) dilibatkan untuk menjadi peserta seminar pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM). Seminar PTM ini dilaksanakan di Baturaja. Kasi Promkes dan Pemerdayaan Masyarakar, Dinas Kesehatan OKU, Apuan Amuri mengatakan, bukan hanya ASN yang akan dilibatkan bahkan seminar PTM itu juga akan melibatkan masyarakat umum.

[Suasana rangkaian kegiatan Germas di Kabupaten OKU – Foto Bagus beritasebelas]
Menurut Apuan PTM ini antara lain, seperti penyakit jantung, stroke, dan kencing manis. Pencegahan penyakit-penyakit seperti inilah nantinya akan diseminarkan. Tujuan untuk mencegah hal tersebut.

“Penyebab PTM ini banyak faktor. Pertama dari pola makan, kurang makan buah dan sayuran serta jarang melakukan tensi darah. Selain itu juga bisa disebabkan oleh kurang gerak,” kata Apuan.

Untuk itu sangat penting, mengkonsumsi sayuran dan buahan. Serta bergerak badan, berolahraga minimal 30 menit setiap jam 10 pagi. Seminar PTM ini kata Apuan masuk dalam rangkaian Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), yang dilaksanakan oleh pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten OKU berperan sebagai penyedia tempat dan peserta.

“Kampanye Germas ini dilaksanakan mulai 14 sampai 18 November 2017,” katanya.

Kampanye Germas itu antara lain, kegiatanya, yakni  seminar bahaya merokok, lomba mewarnai tingkat TK/SD, seminar PTM, dan dipusatkan di Citimall, Tablik Akbar di Islamic Center, dan hari terakhir  jalan santai di halaman DPRD Kabupaten OKU.

“Untuk mensukseskan kegiatan ini kita sudah melakukan sosialisasi dengan pihak-pihak terkait. Seperti halnya Dinas Pendidikan, Kementerian Agama OKU dan pihak terkait lainya,” kata Apuan.

print