Dukung Asian Games, Amkori Ingin Kembalikan Kejayaan Sriwijaya

0
14

Arto

[Pengurus Amkori membentuk kesatuan untuk mensukseskan Asian Games – foto Arto beritasebelas]
beritasebelas.com,Palembang – Demam Asian Games ke 18 di Palembang tengah digelorakan oleh sebagian besar masyarakat, tidak terkecuali para profesional keolahragaan Nasional dari berbagai daerah.

Selain sukses sebagai tuan rumah, mereka yang tergabung dalam asosiasi magister keolahragaan Indonesia atau Amkori ini berharap Indonesia kembali berjaya sebagai salah satu kontingan pengumpul medali terbanyak.

“Kami inginkan kembali kejayaan Sriwijaya dan Indonesia di bidang olahraga,” ujar Ketua umum Amkori Wachid Sugiharto usai menggelar acara di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Minggu 6 Mei 2018.

Momen perhelatan Asian Games di Jakabaring Sport City, Palembang digunakan oleh puluhan orang dari lintas profesi mendeklarasikan berdirinya Amkori atau asosiasi magister keolahragaan Indonesia.

Menurut Wachid, yang dosen olahraga di Palembang ini menjelaskan pihaknya sengaja mengambil momen Asian Games agar kehadiran mereka dapat turut serta memperbaiki prestasi para atlet lokal, Nasional hingga sekala Internasional.

“Hanya satu cara membangkitkan olahraga Nasional yaitu dengan melibatkan profesi  keilmuan olahraga,” katanya.

Menurutnya Amkori melihat Asian Games sangat positif, event ini dapat sebagai momentum promosi pembangunan Indonesia kedunia Internasional. Sekaligus tantangan dan bahan evaluasi kedepan agar semua pihak serius memajukan prestasi olahraga. Kedepan pihaknya sangat optimistis keterlibatan para ahli ini akan meningkatkan kebangkitan atlet dan pelatih.

Asosiasi magister keolahragaan Indonesia merupakan Organisasi profesi keolahragaan yang terdiri dari para magister/master/lulusan S2 didirikan Jumat, 4 Mei 2018 di Jakabaring Sport City. Organisasi  ini berasaskan Pancasila, bersifat politik olahraga yang netral bebas aktif.

Meskipun belum seumur jagung akan tetapi pihaknya menyiapkan agenda membantu Pemerintah dalam program Reformasi olahraga Nasional, mengusulkan adanya revisi UU sistem keolahragaan Nasional agar UU makin baik, praktis, efektif dan aplikatif.

“Kami juga punya pemikiran menteri olahraga harus dipisah dengan pemuda,” katanya.

Setelah deklarasi ini, pihaknya akan sosialisasikan Amkori ke daerah dan segera mengadakan Musyawarah Nasional. Sedangkan Aksi nyata yang telah dilakukan saat deklarasi adalah dengan menyelenggarakan  pelatihan pelatih fisik Nasional di Jakabaring bersama Lankor atau lembaga akreditasi nasional keolahragaan dan Dinas Pemuda dan Olahraga SumSel.

“Anggota kami lintas profesi asal dia lulusan S2 keolahragaan,”pungkasnya.

print