Dukung Siswanya Melenggang ke Nasional di Festival Literasi Kemendikbud

0
6
[Kepala SMKN 3 Palembang Hj Hernawati saat menunjukkan Gerobak Baca yang menjadi bahan kompetisi siswa nya pada Festival Kemendikbud 2019 – foto Arto beritasebelas]

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Dua siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Palembang berhasil mengikuti kompetisi Festival Literasi yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI 2019 hingga tahap seleksi.

Kini dua siswa bernama Lisa dan Agung dalam waktu dekat akan mempresentasikan hasil Gerobak Literasi yang dibuat, setelah sebelumnya dikirim melalui laman yang telah disediakan oleh panitia Festival Literasi Kemendikbud RI 2019.

Demikian disampaikan oleh Kepala SMKN 3 Palembang Drs Hj Hernawati MM, Kamis, 13 Juni 2019.

“Ya, pada prinsipnya kami selalu mendukung siswa-siswi kita untuk mengasah soft skill lewat ajang kompetisi baik yang digelar diluar baik skala daerah maupun Nasional. Dan termasuk Festival Literasi Kemendikbud RI ini kita sangat support,” ujarnya.

Lanjut Hernawati, bahwa keterampilan siswa dengan berbagai inovasi yang dikompetisikan mulai dari gerobak baca literasi dan pemanfaatan limbah yang telah dikirim di jejaring youtube dan laman resmi panitia Festival Literasi Kemendikbud RI diharapkan mampu mencapai hasil terbaik dalam kompetisi.

“Kompetisi sudah berjalan sejak 24 Maret sampai 14 Mei ditahap seleksi administrasi,  kemudian 15 Juni video conference dan saat ini kita sedang menunggu tahap selanjutnya,” terangnya.

Hernawati berharap dengan seringnya mengikuti ajang kompetisi diharapkan melahirkan pola pikir siswa yang inovatif yang kompetitif dan profesional di era revolusi Industri 4.0 dengan masing-masing paket keahlian yang konsen dipelajari siswa di sekolah.

“Termasuk dua siswa yang kita ikutkan di Festival Literasi Kemendikbud RI 2019 ini berasal dari siswa dengan paket keahlian Automatisasi Tata Kelola Perkantoran,” jelasnya.

Ke depan apapun hasil dan prestasi yang diraih siswa nya dalam berbagai kompetisi diharapkan tak hanya sekedar motivasi bagi di siswa yang bersangkutan tapi juga bagi rekan-rekan siswa lainnya.

“Kami berharap di era literasi ini, siswa bisa lebih inovastif lagi dalam belajar dan berkreasi serta tidak meninggalkan buku sebagai pusat ilmu. Karena sekolah juga telah mendesain sebaik mungkin perpustakaan dengan berbagai jenis ilmu pengetahuan yang nantinya akan mendukung karir siswa,”pungkasnya.

print