Dukung VAR Diterapkan di Liga 1

0
16

Anugrah

[Rahmad Darmawan]
beritasebelas.com,Palembang – Piala Dunia di Rusia tahun ini, sedikit berbeda dari sebelumnya. Wasit dalam beberapa keputusan yang bakal kontroversi, bisa menggunakan   sistem Video Assistant Referee (VAR). VAR adalah teknologi video untuk membantu wasit mengambil keputusan lebih tepat.

Penggunaan VAR kembali dirasa manfaatnya, saat Timnas Swedia melawan Korea Selatan. Swedia keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 1-0. Dari hasil pemutaran ulang video, wasit memutuskan bahwa Swedia berhak atas penalti, karena pelanggaran yang dilakukan Kim Min-woo dikotak penalti. Tendangan penalti yang dieksekusi Andreas Granqvist mampu menggetarkan gawang Korea Selatan.

“FIFA saja membutuhkan teknologi VAR di Piala Dunia, kalau bisa diterapkan di Indonesia itu sangat bagus,” kata Pelatih Kepala Sriwijaya FC Rahmad Darmawan, Kamis 21 Juni 2018.

RD sangat mendukung sekali jika Liga 1 menggunakan sistem VAR dalam membantu kinerja wasit. Laskar Wong Kito mendukung sepenuhnya, dengan harapan kompetisi di Indonesia dalam setiap pertandingan yang dimainkan dapat berjalan dengan fair.

Wasit selaku pengadil dilapangan hijau dapat mengambil keputusan yang tepat dan adil. Pertandingan pastinya akan menjadi lebih menarik lagi.

“Kita sudah lihat di Piala Dunia, dimana wasit menggunakan VAR sehingga keputusan yang mereka ambil sangat adil. VAR bisa memandu wasit dalam menjalankan tugasnya, sportivitas,  bagus kalau diterapkan di Indonesia, ” ucapnya.

print