Dukung Wartawan Profesional, PT OKI Pulp Support UKW di OKI

0
31
[H Gadang Harta Hartawan]

Erika

beritasebelas.com,Kayu Agung – PT OKI Pulp and Paper Mills pabrik kertas terbesar Asia Tenggara, menyambut baik kegiatan uji kompetensi wartawan (UKW) di Kabupaten Ogan Komering Ilir, yang diinisiasi oleh Ikatan Wartawan Online (IWO), Kabupaten OKI.

Head Public Affair PT OKI Pulp and Paper Mills, H Gadang Harta Hartawan mengatakan, pihaknya siap mensupport kegiatan tersebut, hal ini juga sebagai upaya PT OKI Pulp dalam mendukung kompetensi para wartawan yang ada di Kabupaten OKI.

“Pada intinya perusahaan sangat mendukung adanya UKW ini, karena dengan UKW ini wartawan di OKI bisa lebih profesional dalam tugas peliputannya,”kata Gadang, Senin 10 Desember 2018.

Menurutnya, di era perkembangan teknologi informasi saat ini sangat penting bagi wartawan untuk memiliki sertifikasi, sehingga kabar Hoax yang saat ini menjamur bisa diantisipasi.

“Kita berharap semua wartawan di OKI memiliki sertifikasi kompetensi sehingga bisa mencerdaskan masyarakat dalam penyajian beritanya,”ujar Gadang.

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten OKI, Darfian Maharjaya Suprana mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada PT OKI Pulp yang sudah membantu kegiatan UKW ini.

“Kita sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PT OKI Pulp, karena sejauh ini baru perusahaan ini yang mensupport kegiatan UKW ini,”cetusnya.

Menurut Darfian, uji kompetensi bagi wartawan sangat penting, hal ini untuk meningkatkan kompetensi para jurnalis.

“UKW ini merupakan program kerja berkelanjutan IWO Kabupaten OKI, ini merupakan UKW perdana dan kita berharap kegiatan ini akan terus dilakukan, sehingga target kita semua wartawan di OKI berkompeten,”ungkapnya.

Untuk meringankan beban peserta, IWO sangat berharap perusahaan yang ada di Kabupaten OKI bisa membantu suksesnya kegiatan ini.

“Kita ingin membantu teman-teman wartawan agar bisa kompeten dengan biaya yang ringan,” ujarnya.

Sedangkan Sekretaris IWO OKI, Romi Maradona sekaligus pelaksana kegiatan menambahkan, UKW Angkatan pertama ini akan digelar pada 27-28 Desember 2018.

“Rencana kegiatan ini akan diawali dengan kegiatan Pra UKW pada 23 Desember mendatang,”ungkapnya.

Ditambahkannya, besarnya biaya penyelenggaraan UKW, maka panitia membebankan setiap peserta dengan biaya pendaftaran yang jumlahnya bervariasi. Untuk kategori Wartawan Utama sebesar 1,5 juta rupiah per orang, dan kategori Wartawan Madya 750 ribu rupiah per orang, serta kategori Muda sebesar 500 ribu rupiah.

Syarat untuk mengikuti UKW peserta harus mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan surat rekomendasi dari Pemimpin Redaksi, potocopy badan hukum perusahaan, dan menyebutkan kategori UKW yang akan diikuti. Kemudian, peserta menyerahkan daftar narasumber yang akan uji jejaring, foto ukuran 3 cm x 4 cm sebanyak empat lembar dan menyerahkan karya jurnalistik berupa berita atau feature.

“Pendaftaran peserta dibuka Senin 10 Desember dan ditutup pada Jumat 15 Desember di Sekretariat IWO OKI Stadion Segitiga Emas Kayuagung,”ungkapnya.

print