Eksperimen Siswa SMP N 8, Jadikan Ampas Kulit Kopi Menjadi Bahan Bakar

0
12

[Siswa siswi SMP N 1 mempraktikkan pembuatan baham bakar dari ampas kopi – foto : A Yudiansyah/beritasebelas.com]

A Yudiansyah

beritasebelas.com, Pagaralam – Tingginya penghasilan kopi sebagai komoditi utama di Kota Pagar Alam, membuat banyaknya ampas kulit kopi berhamburan tak berguna. Namun, hal ini dipandang lain bagi Niya, Elfira, dan Erika. Ketiga orang siswi SMP Negeri 8 Kota Pagar Alam ini, malah memanfaatkan ampas kulit kopi tersebut menjadi salah satu bahan bakar alternatif pengganti gas rumah tangga.

Ditangan ketiga orang siswi ini, ampas kopi dirubah menjadi briket yang bisa digunakan sebagai bahan bakar pengganti gas, untuk memasak. Awalnya, Niya berdiskusi dengan kedua orang temannya, untuk memanfaatkan ampas kopi, menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya.

“Ya kita bertiga berdiskusi dan mempelajarinya bagaimana limbah ampas kopi ini bisa digunakan. Setelah melakukan penelitian metode eksperimental dan percobaan akhirnya kita melaporkan kepada dewan guru. Dan mereka mensuport kita,” tuturnya, Selasa 8 Oktober 2019.

Dijelaskan Niya, untuk bahan-bahan dan alat yang digunakan dalam proses pembuatan briket ini adalah ampas kulit kopi, tungku pemanas tepung tapioka, alat pengayakan, cetakan beriket, stopwatch, neraca analitik dan tungku pembakar

“Alhamdulillah uji coba kami berhasil. Ampas kulit kopi dapat diolah menjadi briket sebagai bahan bakar alternatif ramah lingkungan sehingga bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari -hari yang efektif dan efisien,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMP N 8 Kota Pagaralam Reni Ariani Spd mengatakan, sangat mendukung apa yang telah dilakukan oleh siswanya.

“Semoga apa yang didapat ini jangan cepat puas, mari kita terus belajar dan menemukan ilmu atau pelajaran yang banyak bermanfaat bagi semua orang,” pungkasnya

print