Emi Sumitra : Ganti Sekdes PNS dengan Non PNS

0
11

Haqulana

beritasebelas.com,Banyuasin – Setelah dilakukan kesepakatan bersama pihak Pemerintah Kabupaten Banyuasin serta DPRD Banyuasin, sejak tahun lalu Sekretaris Desa yang Pegawai Negeri Sipil harus mematuhi aturan Undang-Undang Desa nomor 6 tahun 2014.

[Emi Sumitra Anggota DPRD Kabupaten Banyuasin]
Dikatakan, Emi Sumitra Anggota DPRD Kabupaten Banyuasin, jika Sekretaris Desa yang menyandang status Pegawai Negri Sipil dimutasi untuk bekerja dan berkantor di kecamatan seluruh wilayah Kabupaten Banyuasin, karena berdasarkan Undang-Undang Desa nomor 6 tahun 2014, Sekertaris Desa harus bukan dari Pegawai Negri Sipil dan aturan itu harus dipatuhi semua Sekretaris Desa yang berstatus PNS.

“Jadi mereka harus patuhi itu, karena Undang-Undang Desa yang mengatur dan telah di sepakati,” katanya  Rabu 6 Desember 2017.

Emi juga menjelaskan, dengan adanya mutasi bagi Sekretaris Desa yang berstatus PNS, pihak desa harus mengangkat Sekretaris Desa yang berasal dari non PNS.

“Ya kalau PNS di kecamatan bertambah dari Sekretaris Desa, jadi tidak perlu mengangkat PNS lagi, Namun pihak Pemerintah Desa harus terap angkat Sekdes yang baru,” jelasnya.

Pemerintah telah menyiapkan anggaran melalui Alokasi Dana Desa untuk membayar honor perangkat desa, termasuk bagi Sekdes non PNS.

“Kalau honor untuk Sekdes dari ADD, jadi itu harus dilaksanakan jangan sampai ada kekosongan perangkat desa,” ucapnya

Oleh karna itu, langkah yang dilakukan pihak Pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk melakukan perombakan yang sesuai undang-undang tersebut memang harus di realisasikan.

“Kami sebagai Anggota DPRD Banyuasin agar aturan itu segera direalisasikan di setiap desa,” pungkasnya.

print