Fenomena Gaji Mandeg Guru Honorer Semakin Parah

0
134

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Fenomena guru honorer di Sumatera Selatan belakangan semakin parah saja. Pasalnya, sejak Januari hingga Mei 2017 gaji yang minim tersebut belum kunjung dibayar.

[Ketua Pergunu Sumsel, DR Ahmad Zainuri MPd – Foto Arto beritasebelas]
Fenomena ini diperparah dengan minimnya badan hukum yang melindungi guru ketika bertemu dengan masalah terhadap siswa. Pasalnya, arogansi wali siswa yang jika siswanya dicubit sedikit lapor polisi sementara siswanya yang memang susah diatur kadang menjadi bomerang bagi guru.

Demikian yang disikapi oleh Persatuan Guru Nahdhatul Ulama (Pergunu) Sumatera Selatan yang menginginkan ada solusi atas fenomena tersebut, dengan menggelar Seminar Nasional Momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017 yang di gelar besok di Gedung Bina Praja, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

“Kita tahu bahwa fenomena honorer guru dibayar rendah, dan kadang dibayar tiga bulan sekali. Padahal, perjuangan guru dalam membentuk karakter pelajar tak mudah,” ujar Ketua Pergunu Sumsel DR Ahmad Zainuri MPd, Jumat 5 Mei 2017.

Ahmad Zainuri menambahkan sederet keynote speaker dihadirkan dalam kupas tuntas ini mulai dari Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawangsah (dalam konfirmasi), Prof DR Kyai Makruf dan hadir Ketua Umum Pusat Pergunu DR Asep Syaifuddin MPd dalam membahas solusi yang tepat.

Dirinya berharap seminar yang akan dihadiri ratusan guru dan berbagai kalangan terkait ini bisa memberikan solusi terbaik bagaimana pahlawan tanpa tanda jasa ini lebih diapresiasi lebih bijak.

“Inilah fenomenanya, guru juga memiliki kebutuhan ekonomi, bagaimana honor yang rendah itu dan dibayar tiga bulan sekali. Ya, minimal sama lah dengan UMR,” harapnya.

print