Gembleng Kualitas Lulusan, Disdik Kirim Kepsek Keluar Negeri

0
79
[Kadisdik Sumsel Drs H Widodo MPd –  Foto Arto/beritasebelas.com]

Arto

beritasebelas.com, Palembang – Tak bisa dipungkiri, bidikan Dinas Pendidikan Sumsel terus berupaya mencetak lulusan yang berkualitas Internasional. Sementara kualitas kepala sekolah (kepsek) dan guru melalui Penataran selama ini kurang berdampak signifikan.

Sehingga pola lama seperti penataran bakal diganti dengan pola pengiriman guru dan kepala sekolah keluar negeri. Sehingga wajib menguasai bahasa Inggris dan memiliki wawasan baru dan pendidikan maju di luar negeri.

“Sehingga mau tak mau, mereka akan terbuka wawasannya, menguasai bahasa Inggris dan kemajuan pendidijan disana,”tegas Widodo, Selasa 2 Oktober 2018.

Pola ini akan didesain dengan sisten pola pertukaran. Sehingga kepsek dan guru akan dikirim semantara di Sumsel juga bakal menerima kepsek dan guru dari luar negeri.

Dijelaskan, pola pertukaran tenaga pendidik yakni guru dan Kepala SMA di Sumsel ke luar negeri tersebut minimal akan dilakukan selama 6 bulan.”Jadi, sifatnya change. guru dan Kepsek di Sumsel mengajar dan memahami pola pembelajaran di luar negeri, sebaliknya guru di luar negeri mengajar dan meningkatkan pola pembelajaran SMA di Sumsel,” terangnya.

Menurutnya, selama ini pola penataran yang dilakukan untuk upaya peningkatan kualitas SDM tenaga pendidik masih cenderung belum maksimal.”Ini tujuannya bukan mau sok-sok’an internasional, tapi berdasarkan studi sangat efektif untuk meningkatkan kualitas SDM yang juga nantinya berimbas ke kualitas peserta didik,” bebernya.

Widodo menambahkan, untuk pola pembiayaan saat ini pihak Dinas Pendidikan Sumsel sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Gubernur Sumsel

“Saat ini masih tahap diskusi, yang jelas pola seperti ini dinilai lebih efektif untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tentunya bisa lebih meningkatkan disiplin guru dan Kepala SMA di Sumsel,” jelasnya.

Ia berharap, berbagai terobosan ini mampu menyelaraskan Sumsel yang saat ini terus dikenal dunia, sehingga kualitas generasi mudanya pun harus bertaraf Internasional.

print