Giliran Gugatan Pilkada Musi Rawas di Mentahkan MK

0
164

 

mk1
Hakim Mahkamah Konstitusi saat pembacaa keputusan gugatan pilkada serentak

Beritassebelas.com, Jakarta

Setelah sebelumnya dua gugatan pilkada 2 Kabupaten di Sumatera Selatan kandas di Mahkamah Konstitusi yakni, gugatan pilkada Kabupaten Ogan Ilir dan Ogan Komering Ulu, kini giliran gugatan pilkada Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan mentah di Mahkamah Konstitusi.

Gugatan yang diajukan oleh calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 1, pasangan Ratna Mahmud – Zabur Nawawi dinyatakan tidak bisa di lanjutkan oleh Mahkamah Konstitusi, yang amar putusannya dibacakan pada putusan gugatan sesi pertama.

“Menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima,” ujar Ketua MK Arief Hidayat dalam sidang pengucapan putusan perkara perselisihan hasil suara Pilkada di Gedung MK, Jakarta, Selasa 26 Januari 2016.

Gugatan yang diajukan oleh yang bersangkutan dengan nomor perkara 113/PHP.BUP-XIV/2016, tidak dapat dilanjutkan persidangannya ke pokok materi lantaran gugatan penggugat tidak memiliki kedudukan hukum. Arief menjelaskan kedudukan hukum yang dimaksud yaitu soal tidak terpenuhi selisih perolehan suara antara peraih suara terbanyak dan penggugat.

“Permohonan pemohon tidak memenuhi syarat sebagaimana ditentukan dalam Pasal 158 Undang-Undang Pilkada dan Pasal 6 Peraturan MK,” kata Arief.

Pada pelaksanaan pilkada serentak di Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan, 9 Desember 2015 yang lalu di ikuti oleh tiga pasangan calon yakni pasangan calon nomor urut (1) Ratna Mahmud – Zabur Nawawi, pasangan calon nomor urut (2) Hendra Gunawan-Hj Suwartini dan pasangan calon nomor urut (3) Zulkarnain-Hj Ratnawati. (qis)

 

 

print

TINGGALKAN KOMENTAR