Gugatan Sarimuda-Abdul Rozak Ditolak MK, KPU Segera Tetapkan Walikota dan Wakil Walikota Palembang Terpilih

0
77

[Kantor Walikota Palembang ]

 Tri

beritasebelas.com, Palembang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang langsung mengambil langkah cepat atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan pasangan Sarimuda-Abdul Rozak terkait perkara perselisihan hasil Pilkada Palembang.

Kuasa Hukum KPU Palembang, Sofhuan Yusfiansyah mengatakan, atas dasar putusan MK dengan Nomor 25/PHP.KOT-XVI/2018, bahwa permohonan pemohon tidak dapat diterima. Artinya, putusanyang disampaikan MK, bersifat mengikat dan berkekuatan hukum tetap. Dimana, apa yang dikeluarkan MK sudah final.

“Dalam waktu dekat KPU akan menggelar rapat pleno untuk menetapkan pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih,” katanya, Kamis 9 Agustus 2018.

Sebagai tim advokasi KPU, pihaknya telah maksimal melakukan pembelaan, dan hasil ini menjadi hasil final terhadap tuntutan yang diajukan pasangan calon nomor urut 2 Sarimuda-Abdul Rozak.

“MK telah mempertimbangkan hasilnya, dan kami telah memberikan tanggapan sesuai fakta di lapangan,” katanya.

Dari rekapitulasi hasil penghitungan suara, Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang menetapkan pasangan Harnojoyo-Fitrianti Agustinda meraup 351.240 suara atau 46,39 persen dari total suara sah.

Selanjutnya, pasangan Sarimuda-Abdul Rozak memperoleh hasil dengan 286.027 suara atau 37,78 persen, Mularis Djahri-Syaidina Ali 90.968 suara atau 12,01persen, dan terakhir Akbar Alfaro-Hernoe Roesprijadji 28.921 suara atau 3,82 persen suara sah.

print