Hadapi Asian Para Games, Timnas Atletik Turunkan 50 Atlet

0
14
[Agus Tinambela, Pelari Jarak Jauh Sumsel yang turun di Asian Para Games]

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Jelang perhelatan Asian Para Games pada 6-13 Oktober 2018 mendatang, sebanyak 296 atlet yang tergabung dalam tim nasional (Timnas) baru saja dikukuhkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nacrowi di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Dari 296 atlet tersebut, 13 atlet diantaranya adalah putra-putri terbaik Sumatera Selatan. Dan salah satunya adalah datang dari cabang olahraga atletik.

“Ya, Timnas baru saja dikukuhkan. Dari total semuanya, 50 diantaranya adalah cabang olahraga atletik,” ujar Agus Tinambela, atlet lari asal Sumatera Selatan yang memperkuat Indonesia di Asian Para Games saat dibincangi melalui telepon selulernya, Rabu 3 Oktober 2018.

Lanjut Agus, dari 50 atlet atletik tersebut semua tidak dari satu cabor yakni lari, tapi juga lempar dan lompat. Sehingga semua kriteria dan kelas dari atletik diturunkan pada pesta olahraga disabilitas terbesar Asia ini.

“Misalnya saya, saya cuma di lari. Dari lari ini saya ikut dinomor lari jarak jauh sesuai spesialis saya dari Sumsel,”terang Agus.

Menurutnya, multievent bergengsi Asia yang menyedot 43 negara ini dirinya akan turun di dua nomor spesialisnya yakni dinomor 1500 meter dan 5000 meter. Disinggung mengenai persiapan jelang beberapa hari kompetisi, diakui Agus saat ini tinggal menguatkan mental dan mengutamakan untuk pola makan dan menjaga kesehatan.

“Jaga mental saja sama jaga kesehatan. Kalau target, gak mau mendahului. Tampil yang terbaik saja,”jelasnya.

Namun jika merujuk pada target Pemerintah Indonesia, dari 296 atlet yang tergabung dalam Timnas Merah Putih Asian Para Games, Indonesia ditargetkan bertengger di posisi 8 besar dengan bidikan minimal 16 medali emas.

 

 

print