Harga Ayam Potong Semakin Terbang Tinggi

0
34

 

AyamBeritasebelas.com, Palembang

Pasca Ibadah Puasa dan Hari Raya Idul Fitri kondisi harga ayam potong di pasar-pasar tradisional di Kota Palembang belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Sudah hampir dua minggu terakhir ini harga ayam potong masih berada di kisaran harga Rp 34 ribu/kg nya, kenaikan harga ini sudah cukup meresahkan, khususnya untuk para pedagang, karena dengan harga yang tinggi omset penjualan ikut tergerus.

Imam salah seoraran penjual ayam potong di Pasar Kuto,  mengatakan harga ayam potong bukanya mengalami penurunan malahan terus mengalami kenaikan hingga saat ini. “Inilah yang membuat resah masyarakat harga ayam potong yang diharapkan bisa turun malah meningkat, biasanya pasca Puasa dan lebaran harga bahan kebutuhan termasuk ayam potong mulai beranjak normal, tapi sekarang malah mengalami kenaikan,” ujarnya.

Ditambahkannya jika diawal puasa harga ayam potong naik karena banyak masyarakat memanfaatkan untuk menu makanan saat mengadakan acara sedakah, sedangkan masuk pertengahan puasa masyarakat tidak terlalu tertarik lagi  dengan ayam potong, akibat banyaknya ragam jenis makanan yang dijual dan mendekati lebaran minat masyarakat kembali muncul untuk memgkonsumsi ayam potong hingga lebaran. Namun pasca lebaran peminat ayam potong berkurang, tapi  harga semestinya juga ikut turun.

“Padahal pembeli sepi tapi harga ayam potong dari kandang masih tinggi, itulah yang membuat kami omset kami mengalami penurunan, jika biasanya apabila stock ayam potong dari kandang yang mulai berkurang dan juga peminat yang makin meningkat membuat harga ayam potongpun mengalami peningkatan, semakin mendekati lebaran bisa mencapai Rp 35 ribu /kg,  hingga Rp 40 ribu, tapi hingga sekarang lebaran sudah jauh lewat harga ayam poyong masih tinggi,” ungkapnya.

Kalau biasanya dalam sehari bisa menjual hingga 200 ekor ayam potong, tapi sekarang sangat sulit untuk mencapai penjualan sebanyak itu lagi, hal ini diakibatkan pembeli mulai sepi.

Sementara itu salah satu pembeli di pasar Kuto Rohma  mengatakan memang cukup meresahkan ketika harga ayam potong makin meningkat yang beli juga bisa menurun, karena terlalu mahal harganya ditambah ekonomi saat ini yang semakin sulit, jadi kita coba akali dengan membeli makanan lain dulu saja. (qis)

print

TINGGALKAN KOMENTAR