Hari Ikan Nasional, Bupati Lepas Puluhan Ribu Ikan di Sungai Ogan

0
45

Bagus

beritasebelas.com,Baturaja  – Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), H Kuryana Azis didampingi Kepala Dinas Perikanan Ir HJ Tri Aprianingsih menebar 45.000 ekor bibit ikan gurami, baung dan nila dialiran Sungai Ogan. Penebaran kembali benih ikan atau restocking dilakukan  Selasa 21 November 2017, di aliran sungai disekitar Gedung SKB, guna memperingati Hari Ikan Nasional ke 4 tahun 2017.

[Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), H Kuryana Azis menebar bibit ikan – Foto Bagus beritasebelas]
Diketahui gelaran acara itu juga dilakukan penyerahan bantuan kolam sistem bioflok dan benih ikan lele, sebanyak 8 unit dan benih lele 32.000 ekor beserta pakannya untuk 6 kelompok pembudidaya ikan di OKU. Penyerahan bantuan benih ikan nila untuk 5 kelompok PKK kecamatan, masing-masing 2.500 ekor.

Penyerahan bantuan alat peraga untuk sosialisasi pelarangan penangkapan ikan dengan menggunakan setrum, tuba dan putas kepada 2 kelompok Masyarakat Pengawas Perairan Umum Daratan (Pokmaswas Pud) Lubukbatang dan Baturaja Barat.

Selanjutnya  penyerahan bantuan induk ikan gurami satu paket terdiri 10 ekor indukan betina dan 5 ekor indukan jantan, untuk kelompok pembudidaya ikan Kesambirata Kecamatan Pengandonan. Lalu  Pameran Ikan Hias yang tegabung dalam Asosiasi ikan Hias ‘Baratica” (Baturaja Aquatica) binaan Dinas Perikanan OKU.  Dibuka  Bazar makanan produk olahan berbahan dasar ikan oleh Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang ada di OKU.

Dijelaskan Tri Aprianingsih, tujuan peringatan Harkanas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya mengkonsumsi ikan, karena gizi berkualitas tinggi, omega3, anti oksida dan bisa dikonsumsi oleh semua tingkatan usia, juga dilakukan sebagai pengingat bahwa Kabupaten OKU memiliki potensi perikanan yang harus dimanfaatkan optimal dan tetap menjaga  kelestarian  alam.

Restocking merupakan  upaya penambahan stock ikan di perairan umum daratan (sungai) yang dianggap telah mengalami krisis akibat penggunaan alat tangkap yang dapat merusak kelangsungan kehidupan ikan dan biota air lain. Seperti penggunaan setrum, putas, tserta penggunaan jaring dengan mata jairng  yang terlalu kecil. Sehingga populasi ikan mulai dari induk hingga anak ikan habis.

Dinas Perikanan OKU sangat berterima kasih kepada pihak investor yang ada di OKU terutama kepada PT Semen Baturaja (Persero) Tbk dan  Bank Sumsel Babel Cabang Baturaja yang telah berperan aktif dalam kegiatan Hari Ikan Nasional di OKU. Dikatakan Kadin Perikanan, kedua BUMN tersebut masing-masing menyumbang benih ikan sebanyak 10.000 ekor benih ikan.

Sedangkan Bupati OKU memuji upaya yang dilakukan Dinas Perikanan , bupati juga mnegajak semua masyarakat agar menjaga ekosisitim air  untuk kepentingan bersama.

print