Hari Pertama Pendaftaran, 6 Balon DPD RI Datangi KPU Sumatera Selatan

0
24

Erika

beritasebelas.com,Palembang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan telah membuka pendaftaran Bakal Calon (Balon) DPD RI utusan Provinsi Sumatera Selatan, 9-11 Juli 2018. Dihari pertama pendaftaran, tercatat 6 orang Balon DPD telah menyerahkan berkas pendaftaran kepada tim penerima berkas di media center Sekretariat KPU Sumatera Selatan.

Kepala Bidang Hukum, Teknis dan Hupmas Sekretariat KPU Sumatera Selatan Abdullah mengatakan, tim penerima berkas telah standbya sejak pukul 08.00 Wib hingga pukul 16.00 Wib. Sedangkan pada hari terakhir ditunggu hingga pukul 24.00 Wib.

“Hari pertama sudah ada 6 balon DPD yang menyerahkan berkas pendaftaran,” jelas Abdullah.

Dia melanjutkan sesuai dengan tahapan pemberkasan, penelitian administrasi yang telah dilakukan sebelumnya, ada 34 bakal calon DPD RI utusan Provinsi Sumatera Selatan yang berhak mendaftar.

Sedangkan Komisioner KPU Sumatera Selatan Divisi Hukum Alexander Abdullah menjelaskan, sebelumnya tim verifikasi faktual dari KPU kabupaten/kota telah melakukan pleno terkait dukungan bakal calon Anggota DPD, sesuai tahapan yang tercantum di PKPU nomor 5 tahun 2018, hasil verifikasi faktual disampaikan 29 Juni-1 Juli 2018 di tingkat provinsi.

“Berdasarkan hasil rekap verifikasi faktual di kabupaten/kota, diketahui  terdapat 9 Balon (Bakal Calon, red) Belum Memenuhi Syarat (BMS) dan 25 Balon DPD lainnya MS atau Memenuhi Syarat,” ujar Alexander.

print