Harnojoyo Ajak Tauladani Keikhlasan Nabi Ibrahim AS

0
21

Yudi

beritasebelas.com,Palembang – Hari ini jutaan umat Islam diseluruh belahan dunia secara serentak mengumandangkan takbir. Hal itu juga terdengar pada ribuan umat Islam yang melaksanakan rangkaian ibadah salat Idul Adha 1438 H (Hijriah) pada tahun ini.

Walikota Palembang Harnojoyo dan Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin yang hadir dalam pelaksanaan ibadah salat Ied di Masjid Agung Palembang, Jumat 1 September 2017 tidak lepas dari ucapan takbir.

[Walikota Palembang, H Harnojoyo salat Ied bersama Gubernur Sumatera Selatan di Masjid Agung Sulatan Mahmud Badaruddin II Palembang – Foto Yudi beritasebelas]
Saat menyampaikan kata sambutan, Harnojoyo menyampaikan, pelaksanaan ibadah salat Ied merupakan rangkaian ibadah yang wajib dilaksanakan saat perayaan hari besar Idul Adha atau yang biasa dikenal hari raya kurban.

“Pada hari ini, kita sama-sama hadir mengumandangkan takbir. Disini kita berkumpul dan pada hari ini juga kita berkurban,” ujarnya.

Harnojoyo menerangkan, makna dari perayaan hari raya kurban hari ini, adalah bagaimana umat muslim dapat belajar ikhlas dengan saling berbagi dan mencintai Allah SWT.

Manusia dalam hidupnya cenderung sibuk dengan dirinya sendiri, kurang peduli dengan orang lain. Karenanya, melalui ibadah qurban, diharapkan muncul gerakan bersama untuk saling meringankan kesulitan orang lain, memiliki kepedulian sosial untuk kesejahteraan umat manusia.

Ibadah qurban dapat menjadi sarana atau media saling tegur sapa antar manusia dan saling berbagi, berlomba dalam kebaikan, untuk memperkuat dan memperkokoh hubungan keumatan. Dengan begitu, umat tidak mudah disusupi oleh berbagai fihak yang memiliki kepentingan dan motif tertentu.

Kalau di tanya tentang contoh bakti manusia kepada Tuhan tentang suatu pengorbanan, maka keluarga Nabi Ibrahim AS merupakan bukti’ paling otentik berupa bentuk ketulusan hamba kepada Tuhannya.

Dimana, ketika mendapat perintah, dan perintah itu datangnya dari Allah SWT, maka tanpa ada sedikit pun rasa ragu, bimbang dan takut ia melaksanakan perintah tersebut.

“Hikmahnya, bukan hanya Ibrahim AS, tapi juga istri, dan anaknya kompak berkeinginan yang sama dengan tekat bulat menyerahkan semuanya kepada Allah SWT,” tuturnya.

Membangun sebuah peradaban besar yang monumental, terus-menerus hidup dalam masyarakat sampai sekarang, seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS, tentu tidak instan, dibutuhkan proses yang sangat panjang.

Orang-orang yang menjalaninya haruslah mereka yang memiliki mental dan fisik yang sangat baik dan kuat.

“Peradaban yang di bangun Ibrahim AS, tidak mungkin dapat dicapai, kalau keluarga Ibrahim bukan orang yang bertaqwa,” imbuhnya.

Untuk menjaga apa yang menjadi pengorbanan Nabi Ibrahim AS, hendaklah semua masyarakat Palembang mentauladani sifat yang sudah diajarkan. Karena, kunci dari ibadah qurban adalah menjadi orang-orang yang bertaqwa, hanya orang bertaqwalah yang mampu untuk memahami mengamalkan, dan mengimplementasi.

Hal inilah yang terus dilakukan Pemerintah Kota Palembang. Mulai dari bagaimana upaya pihaknya untuk mensejahterakan masyarakat.

Berbagai program terus dilakukan, dengan berhasil diraihnya berbagai prestasi skala lokal, tingkat Provinsi Sumatera Selatan, seperti Juara Umum MTQ, pecah rekor MURI dengan melibatkan 500 qori, qoriah membaca Al-Quran secara serentak dan penghargaan lain seperti Safari Subuh (everyday succes with shubuh), dan Safari Jumat.

Selain itu, program lingkungan yang dicanangkan melalui kegiatan gotong-royong setiap Minggu pagi secara serentak di 107 kelurahan, berhasil mempertahankan Adipura untuk 11 kali secara berturut-turut.

Dari sisi infrastruktur, pihaknya juga saat ini sedang melakukan pembangunan Fly Over Simpang Bandara, Fly Over Simpang Keramasan, Jembatan Musi IV, Musi VI dan Jembatan Tol Musi V, Pembangunan Pompanisasi Sungai Bendung, dan sebagainya.

“Untuk itu saya mohon dukungan masyarakat Kota Palembang agar semua program dapat terlaksana susuai dengan yang telah ditentukan, dan dalam kesempatan yang baik ini saya juga memberikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada semua elemen masyarakat Kota Palembang yang telah bekerjasama dan mendukung berbagai program tersebut,” tandasnya.

print