Independen atau Parpol !

0
21

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten lahat, mulai membuka pendaftaran penyerahan syarat dukungan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lahat dari  jalur perseorangan atau independen. Penyerahan syarat Paslon ini hanya diberi waktu 5 hari, terhitung mulai tanggal 25 November hingga tanggal 29 November 2017. Sedangkan verifikasi penelitian administrasi dan analisis dukungan ganda, dimulai sejak 25 November hingga 8 Desember mendatang.

Namun, bagi Paslon yang sudah mendaftar dan diverifikasi, dipastikan tidak dapat lagi maju melalui jalur Partai Politik. Berdasarkan pasal 34 PKPU nomor 3 tahun 2017, bakal Paslon perseorangan telah mengikuti proses verifikasi administrasi, tidak bisa diajukan sebagai calon partai. Dengan demikian yang bersangkutan tidak dapat main ‘dua kaki’.

“Meski mundur atau tidak lulus melalui jalur independen, tetap saja tidak bisa maju dari jalur Parpol lagi,” kata Ketua KPU Lahat, Samsulrizal Nusir.

Dalam penyerahan dokumen dukungan, Paslon harus didukung minimal 24.909 pemilih, yang tersebar di minimal 12 kecamatan. Dokumen dukungan surat pernyataan dukungan formulir model B 1-KWK perseorangan atau formulir model B 1-KWK perseorangan (kolektif) yang dikelompokkan dalam satuan wilayah desa atau kelurahan.

“Dokumen dukungan harus dilampiri dengan fotocopy KTP Elektronik, atau surat keterangan untuk masing-masing pendukung diterbitkan Disdukcapil,” jelasnya.

print