Jadikan Semangat Asian Para Games Menuju Paraolimpic di Jepang 2020 Mendatang 

0
8
[Agus Tinambela, atlet andalan Sumsel-Indonesia saat bersama Ketua Umum KONI Sumsel H Alex Noerdin – Foto IST]

Arto

beritasebelas.com, Palembang – Satu bulan jelang perhelatan Asian Para Games pada 6-13 Oktober 2018 di Jakarta yang mempertemukan atlet top disabilitas Asia 43 negera tersebut, tim Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) terus menjalani latihan keras di Solo, Jawa Tengah.

Semangat tim Merah Putih benar-benar All Out dalam kompetisi multievent olahraga Asia tersebut. Pasalnya, Asian Para Games juga bukan hanya sekedar membidik medali tapi lebih dari sekedar medali.

“Ya, karena Asian Para Games juga sekalian untuk kualifikasi Paraolimpic di Jepang 2020 nanti,”ujar Agus Tinambela pelari jarak jauh asal Sumsel yang memperkuat Merah Putih di Asian Para Games saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis 27 September 2018.

Lanjut Agus, bahwa paraolimpic adalah kompetisi sekelas olimpiade untuk atlet umum yang lebih besar lagi skalanya ketimbang Asian Para Games. Pasalnya, paraolimpic adalah kompetisi atlet disabilitas skala dunia.

“Kita ada sekitar 50 di atletik yang turun di Asian Para Games. Termasuk didalamnya lari, lempar dan lompat. Kita berharap bisa masuk kualifikasi tersebut,”harapnya.

Diakui Agus bahwa saat ini ia memang memegang tiga nomor di Pelatnas yakni satu nomor sprinter 800 meter dan dua nomor lari jarak jauh 1.500 meter dan 5.000 meter.

Namun demikian, ia lebih kerap optomis di dua nomor spesialisnya yakni dua nomor lari jarak jauh yakni 1.500 meter dan 5.000 meter. “Ya, sesuai di Asian Para Games lah, saya ikut di dua nomor itu,”jelasnya.

Disinggung mengenai medali di Asia Para Games, Agus mengaku tak mau mendahului kehendak Alloh SWT. Namun demikian ia tetap berusaha memberikan yang terbaik dengan mengikuti arahan pelatih.

“Masalah target mendali semua nya saya serah kan kepada Alloh SWT karana kalau saya bilang medali emas berarti saya sudah takabur atau sombong yang penting saya berusaha dan berdoa semaksimal mungkin memberikan yang terbaik buat negara ini,”pungkasnya.

print