Jauhi Sungai Lematang

0
184

kop-dalam-berita

oleh Dayat – poto Dayat/beritasebelas.com

Beritasebelas.com, Lahat – Tingginya curah hujan yang terus mengguyur Bumi Seganti Setungguan sebulan terakhir, menyebabkan debit Sungai Lematang terus meningkat. Tentu saja kondisi luapan sungai terbesar yang melintas di Kabupaten Lahat ini membahayakan.

sungai-lematang1
[Sungai Lematang]
Warga di imbau agar menjauhi Sungai tersebut dan tidak melakukan aktifitas, seperti penambangan pasir dan batu secara tradisional, mancing, mandi dan aktifitas lain.

“Kita tidak ingin musibah (banyak warga tenggelam) tahun 2015 terulang,” ujar Kabid Penanggulangan Bencana dan Logistik BPBD Kabupaten Lahat, Ahmad Albar, Jumat 30 September 2016.

Menurutnya, tahun lalu banyak warga yang hanyut saat melakukan aktifitas di Sungai Lematang. Apalagi ungkap Albar, hujan di prediksi akan terus turun hingga akhir Desember 2016 mendatang.

Selain ancaman arus deras, warga juga harus waspada dengan hantaman pohon yang hanyut. Disisi lain dirinya sendiri berharap agar warga secara aktif melaporkan jika ada peristiwa warga yang hanyut. Pasalnya dengan kondisi arus yang deras akan cepat terseret dan tentunya akan menyulitkan pencarian.

BPBD Lahat telah berkoordinasi ketingkat kecamatan hingga desa, agar mengimbau warganya mengurangi aktifitas di aliran Sungai Lematang.

“Tentu saja kita tidak berharap ada musibah, sehingga kami akan terus meminimalisir,” katanya.

 

 

print

TINGGALKAN KOMENTAR