Jelang Perpaprov Prabumulih, NPCI Sumsel Mulai Sosialisasi

0
57
[Ketua Umum NPCI Sumsel Ryan Yohwari – foto Arto beritasebelas]

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Jelang pesta olahraga dua tahunan level Provinsi, yakni Pekan Olahraga Paralimpik Provinsi (Perpaprov) Sumatera Selatan 2019, Pengurus National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Sumatera Selatan terus mempersiapkan multi-event olahraga. Perhelatan kedua di Sumatera Selatan ini,  rencananya akan digelar pada 2-11 September mendatang di Prabumulih.

Ketua NPCI Sumatera Selatan Ryan Yohwari mengatakan, saat ini pihaknya sudah masuk dalam tahap sosialisasi agar perhelatan tersebut diikuti oleh para atlet paralimpian sebanyak-banyaknya. Media sosialisasi tersebut, melalui pemasangan banner di sekretariat NPCI kabupaten/kota hingga Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora, red) yang ada di wilayah Sumatera Selatan.

“Kita sedang sosialisasi, dengan tema road to Prabumulih. Sekarang kita sudah menghimbau pelaksanaan Perpaprov,” ujar Ryan, Selasa 14 Mei 2019.

Dari segi pelaksanaan nanti, pihaknya optimis kegiatan tersebut berjalan dengan sukses. Pasalnya berkaca dari pelaksanaan Perpaprov 2017 lalu, mereka tetap bisa berjalan dengan baik meskipun dukungan dari pihak pemerintah daerah saat itu belum maksimal.

“Sekarang Pemerintah Kota Prabumulih sudah menyatakan siap mendukung, baik secara lisan maupun tulisan. Baik dari dukungan sarana dan pendanaan,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, saat di Perpaprov 2017 lalu, mereka nihil anggaran pelaksanaan, tapi berjalan dengan baik. Dan kali ini, mereka juga disupport pendanaan oleh Pemerintah Kota Prabumulih sehingga tak perlu lagi pusing mencari anggaran.

“Kemarin saat audiensi, kita mudah-mudahan dibantu sekitar Rp 1,9 miliar untuk pelaksanaan nanti. Jadi kita optimis, kemarin saja tanpa pelaksanaan kita bisa, apalagi ini. Mudah-mudahan sukses,” ungkapnya.

Ryan juga mengatakan, hal ini jelas menjadi tantangan tersendiri bagi pihaknya untuk menjaring talenta berprestasi dari daerah-daerah yang ada di Sumatera Selatan ini. Sebab, muara dari Perpaprov 2019 ini tak lain adalah untuk mencari wakil Sumatera Selatan di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas, red) 2020 di Papua mendatang.

Untuk itu, pihaknya saat ini konsen menggelorakan semangat menuju Perparov 2019 Prabumulih ke daerah-daerah yang ada di Sumatera Selatan. Hal tersebut agar mengingatkan kepada masyarakat, khususnya atlet paralimpian agar Perparov ini tak jadi sekedar seremonial saja, melainkan media untui berprestasi menuju Nasional.

“Kemasanannya mungkin sederhana, tapi Perpaprov 2019 ini tidak hanya pesta olahraga, tapi juga patut diketahui, kita akan menuju Pekan Paralimpik Nasional. Jadi jangan cuma jadi agenda biasa saja,” pungkasnya.

print