Jelang Tahun Baru, Harga Jagung Manis Meroket

0
10

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Menjelang perayaan tahun baru yang tinggal beberapa hari lagi, harga jual jagung manis ditingkat petani mengalami kenaikan. Harga yang semulanya hanya Rp 4000 kini meroket menjadi Rp 7000 per kilogramya. Namun hal ini dinilai wajar dan sah-sah saja, menurut pedagang dan masyarakat Lahat pada umumnya, sebab nilai jagung manis memang hanya diminati atau meningkat peminatnya saat menjelang tahun baru saja.

Seperti yang dikatakan Mang Anto pria yang berasal dari Desa Tanjung Kurung Kecamatan Kota Agung Lahat. Menurutnya banyaknya petani yang beralih profesi dari petani sawah dan petani kopi di desanya hanya saat menjelang tahun baru saja, dan di tambah banyaknya persaingan penjualan dari desa dan kecamatan se Kabupaten Lahat bahkan dari luar Lahat.

“Wajar kalau mereka menaikan harga, sebab tingginya permintaan jagung hanya tahun dirasa pada saat menjelang tahun baru saja” jelasnya, Jumat 29 Desember 2017.

Kenaikan harga jual jagung manis ditingkat petani, sudah mulai terjadi beberapa hari ini, padahal sebelumnya harga jual jagung manis tersebut paling mahal berkisar Rp 4.000 per kg.

“Harga jagung manis ini, mengalami kenaikan sejak beberapa hari yang lalu, dan diperkirakan masih akan mengalami sedikit lonjakan harga hingga tahun baru nanti” kata Roby (50) penjual jagung di Desa Lubuk Tabun.

Kenaikan harga jagung manis ini, hampir merata di setiap daerah di Kabupaten Lahat, tak terkecuali di daerah Tanjung Sakti, Jarai, dan Pajar Bulan.

print