Jembatan Endikat Diperbaiki, Ini Himbauan Humas Polres Lahat

0
31

A Yudiansyah

[Para pekerja mulai melakukan perbaikan Jembatan Endikat – foto A Yudiansyah beritasebelas]
beritasebelas.com,Lahat – Jembatan Endikat yang menghubungkan antara Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam Alam mulai ditutup total. Penutupan ini sengaja dilakukan guna perbaikan jembatan yang sudah mengalami rusak berat dibeberapa bagian akibat termakan usia. Bahkan nyaris tak bisa dilalui oleh kendaraan yang bermuatan besar.

Akibat penutupan ini, jalur utama yang menghubungkan Lahat dan Pagaralam terpaksa dialihkan via jalur alternatif Kecamatan Gumay Ulu. Namun, masih saja ada beberapa pengendara yang nekat melalui Jembatan Endikat tersebut dengan alasan tidak mengetahui adanya larangan melintas.

“Jauh-jauh hari kita sudah berikan sosialisasi melalui baliho, spanduk, dan media sosial. Agar masyarakat dapat menggunakan jalur alternatif jika ingin ke Pagaralam. Namun beberapa pengendara dari luar wilayah Lahat dan Pagaralam masih ada yang melintas jalan tersebut, dengan alasan tidak mengetahui adanya pemberitahuan tersebut,” ungkap Kasubbag Humas Polres Lahat IPDA Sabar, Senin 2 Juli 2018.

Sabar juga menghimbau bagi para pengendara yang ingin melintas melalui jalur alternatif, agar dapat lebih berhati-hati. Karena jalur yang dilalui berkelok dan menanjak, ditambah lagi kondisi jalan yang tidak begitu lebar akan sangat membahayakan bagi pengendara yang kurang waspada.

“Terutama untuk kendaraan yang bermuatan berat, harus benar-benar waspada ketika melintas jalur alternatif tersebut. Ditambah penerangan jalan juga belum maksimal di daerah itu, tentu harus selalu waspada ketika melintas,” himbau Sabar.

Disisi lain, PPK pelaksana Jalan Nasional, Zulkarnain mengatakan, pihaknya masih akan memberikan toleransi dalam kurun waktu sehari dua hari ini bagi pengendara yang masih melintas. Namun apabila jembatan sudah benar-benar dibongkar, maka tidak akan ada toleransi lagi kendaraan apapun yang akan melintas.

“Penutupan ini rencananya sekitar dua bulan. Satu bulan untuk pemasangan lantai baru, dan pembongkaran memakan waktu sekitar dua pekan,” pungkasnya.

print