Kapolres : Pilkada Seperti Pertandingan Bola, Pemain, Wasit dan Sporter Harus Sportif

0
35

Haqulana

beritasebelas.com,Banyuasin – Seperti permainan sepakbola, Pemilukada harus menjunjung fairplay. Para pemain, wasit, sporter dan elemen pendukung lainnya mesti bersikap sportif.

[Kapolres Banyuasin melakukan pemeriksaan pasukan pada apel pengamanan Pilkada Banyuasin dan Gubernur Sumatera Selatan – foto Haqulana beritasebelas]
“Ibarat permainan sepak bola yang sportif, saat bertanding mereka adu kekuatan, tapi setelah peluit panjang ditup mereka berpelukan erat,” kata Kapolres Banyuasin usai gelar pasukan Oparasi Mantap Praja di Mapolres Banyuasun, Jumat 5 Januari 2018.

Guna mengamankan prosesi Pilkada Banyuasin dan Sumatera Selatan, Polres Banyuasin menyiagakan 521 personel pengamanan.

Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi SM Pinem melanjutkan, 521 personel tersebut akan ditugaskan menjaga 1.815 TPS di 304 desa 19 kecamatan Banyuasin, dengan menerapkan pengamanan pola 224.

“Untuk titik rawan akan diberikan perlakuan khusus, diantaranya dengan menambah personel,” katanya.

Kapolres menerangkan, berdasarkan pemetaan pihaknya terdata 14 titik rawan yang tersebar di sejumlah kecamatan di Banyuasin. Diantaranya di Kecamatan Rantau Bayur,  Banyuasin I, Banyuasin II dan sejumlah titik lainnya.

“Biasanya yang rawan ini merupakan daerah perbatasan,” katanya.

Konflik bisa saja dipicu lantaran peserta pemilih yang berada di perbatasan terlibat Pemilu di daerah yang bukan semestinya, hingga menimbulkan gesekan. Hal semacam ini perlu segera ditindaklanjuti agar tidak meluas.

“Dengan keberadaan anggota Polri di sana diharapkan dapat mengendalikan situasi agar tetap kondusif,” jelasnya.

Namun, bila masih saja terjadi tindakan anarkis yang mengancam keselamatan dan keutuhan NKRI, petugas bisa saja melakukan tindakan tegas bahkan tembak di tempat.

“Tidak menuntut kemungkinna untuk itu, tindakan tegas terukur bisa dilakukan, apalagi kalau sudah maauk ranah kriminal murni,” ujarnya.

Namun dia berkeyakinan Pilkada Banyuaain maupun Pilgub akan berjalan lancar dan kondusif di Bumi Sedulang Setudung. Mengingat semua warga ikut dilibatkan untuk menjaga prosesi Pemilu sampai akhir.

print