Kejari Lahat Musnahkan Barang Bukti dari 83 Perkara

0
8
[Pj Bupati Lahat bersama Kajari Kapolres dan Dandim saat memusnahkan barang bukti – foto A Yudiansyah beritasebelas]

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lahat musnahkan barang bukti dari 83 perkara yang sudah inkracht terhitung dari bulan Januari 2018. Dalam pemusnahan ini, turut dihadiri Bupati Lahat, Kapolres, Dandim, dan segenap unsur Forkompimda.

Dari 83 perkara itu, barang bukti yang dimusnahkan diantaranya adalah, ganja 1.009,1 gram, sabu 85,263 gram, dan extasi sebanyak 3,5  butir atau seberat 0,97 gram.

“Memang yang paling banyak kasus Narkoba. Ada juga kasus pencabulan, dengan barang bukti celana pendek dan lainnya, barang bukti dari tindak asusila,” sampai Kajari Lahat, Jaka Suprana SH sesaat sebelum melakukan pemusnahan, Selasa 25 September 2018.

Pj Bupati Lahat Marwan Mansyur menilai jika Kabupaten Lahat masih menjadi pasar dari peredaran barang haram tersebut. Meskipun pihak Polres Lahat melalui Sat Narkoba sudah banyak menangkap pelaku pengedar dan pemakai, namun tetap saja barang haram ini terus ada di Kabupaten Lahat.

“Selaku pemerintah daerah, kami terus berupaya agar Kabupaten Lahat ini dapat bebas dari narkoba. Tapi hal ini sangat sulit jika tidak di dukung kesadaran masyarakat dari berbagai elemen,” ujar Marwan.

Marwan mengatakan, pemusnahan barang bukti pihak Kejari Lahat, yang didominasi oleh Markoba itu. Jelas menunjukkan tingkat peredaran Narkoba di Lahat, masih tinggi. Untuk itu dirinya meminta pada aparat Kepolisian untuk tidak pandang bulu, terhadap pengguna Narkotika.

“Harapan kita dengan adanya pemusnahan ini, dapat membangkitkan dan memberikan motivasi kepada masyarakat, agar dapat menghindari Narkotika,” ucapnya.

print