Kepala Desa Penanggungjawab Kebijakan Didesa

0
118

kop-dalam-berita

oleh Sandi

Beritasebelas.com, Sekayu – Sebanyak 65 Kepala Desa terpilih hasil pemilihan Kepala Desa serentak se Kabupaten Musi Banyuasin secara resmi di lantik oleh Plt Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi, Rabu 12 Oktober 2016 di Stable Berkuda Sekayu yang dihadiri juga oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI Dr Sumarsono MDM, Wakil Gubernur Sumatera Selatan, H Ishak Mekki, dan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan HM Giri Ramanda N Kiemas.

plt-bupati-muba-beni-hernedi-lantik-kades_20161012_131000
[Plt Bupati Musi Banyuasin, Beni Herhedi melantik 65 Kepala Desa terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak]
Kepala Desa yang dilantik merupakan Kepala Desa dari 13 kecamatan, yakni meliputi Kecamatan Sekayu satu Kepala Desa, Kecamatan Lais 2 Kepala desa Kecamatan Sungai Keruh 5 Kepala Desa, Kecamatan Plakat Tinggi 2 Kepala Desa, Kecamatan Lawang Wetan 6 Kepala Desa, Kecamatan Babat Toman 2 Kepala Desa, Kecamatan Batanghari Leko 3 Kepala Desa, Kecamatan Keluang satu Kepala Desa, Kecamatan Babat Supat 6 Kepala Desa, Kecamatan Sungai Lilin 2 Kepala Desa, Kecamatan Tungkal Jaya 7 Kepala Desa, Kecamatan Bayung Lencir 14 Kepala Desa dan Kecamatan Lalan 14 Kepala Desa.

Sebagai penyelenggara pemerintahan, Kepala Desa dituntut dapat mengambil keputusan dan sekaligus sebagai penanggungjawab, setiap kebijakan yang diambil dan dilaksanakan didesa. Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki mengharapkan kepada seluruh Kepala Desa di Sumatera Selatan agar lebih visioner, kreatif dan inovatif serta memberikan contoh positif bagi masyarakat. Dengan adanya pemilihan Kepala Desa langsung oleh masyarakat mencerminkan besarnya harapan masyarakat akan adanya perubahan yang lebih baik.

“Menjadi Kepala Desa tidak mudah, jadi harus bisa mengajak masyarakat mewujudkan program di desa masing-masing. Termasuk dana desa yang menjadi tanggungjawab langsung Kepala Desa harus dilaksanakan sesuai ketentuan yang ada.” ungkap Ishak Mekki.

Orang nomor dua di Sumatera Selatan ini, mengharapkan setelah pelantikan Kepala Desa harus segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang ditetapkan dengan Peraturan Desa (Perdes) yang memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan dan program.

Ditegaskannya penyusunan perencanaan harus dilaksanakan secara partisipatif oleh pemerintah desa dengan melibatkan lembaga kemasyarakatan serta di susun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh, dan tanggap terhadap perubahan, dengan berprinsip pada Pemberdayaan, Transparansi, Akuntabilitas, Keberlanjutan dan Partisipasi.

Sedangkan Plt Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi mengatakan, pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Musi Banyuasin tahun 2016 telah dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus lalu, diikuti 226 orang dari 65 Desa di 13 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, dan ada satu kecamatan yakni Kecamatan Sanga Desa yang tidak melaksanakan Pemilihan Kepala Desa, karena masa jabatan Kepala Desanya belumhabis.

Beni Hernedi mengharapkan kepada para kepala desa sebagai pimpinan penyelenggara pemerintahan desa dapat menjadi figur yang peka terhadap segala sesuatu yang terjadi di masyarakat untuk mewujudkan tatanan kehidupan adil, makmur, sejahtera lahir dan batin di Kabupaten Musi Banyuasin.

“Pemilihan Kepala Desa di Muba berjalan sukses sesuai dengan rencana, sukses partisipasi yang artinya rapat pemilihan dihadiri oleh seluruh masyarakat yang berhak memilih, Kades terpilih akan memimpin enam tahun pemerintahan Desa kedepan,” ungkapnya.

 

print

TINGGALKAN KOMENTAR