Kepatuhan WP 2017 Diatas 70 Persen

0
55

oleh Yuansa – foto Yuansa

beritasebelas.com,Palembang – Walikota Palembang H Harnojoyo Menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Aparatur Sipil Negara BUMN, BUMD sebagai wajib pajak, untuk segera melakukan pelaporan dan pembayaran pajak, karena pajak merupakan sumber Pembangunan.

[Walikota Palembang, H Harnojoyo menyerahkan laporan SPT Pajak tahunan]
Hal ini disampaikan Walikota Palembang H Harnojoyo ketika melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palembang Ilir Barat, Kambang Iwak, Kamis, 16 Maret 2017.

“Saya sudah menyampaikan laporan pajak tahunan melalui e-filing, jadi hari ini hanya mengambil tanda terima saja,” ungkap Harnojoyo didampingi Plh Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ilir Barat M Dahlan Saleh kepada awak media di Kantor Pelayanan Pajak.

Menurutnya, ternyata diera digital pembayaran pajak lebih di permudah, proses pelaporan bisa dilakukan di rumah. Sehinga ketika kita datang ke kantor pajak hanya menerima serah terima.

“Alhamdulilah semua cepat, sebentar saja tanda terima selesai, jadi saya pribadi mengurus pajak. Tidak lain untuk mengajak masayarakat,” ungkapnya.

Sedangkan, Plh Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palembang Ilir Barat, Muhammad Dahlan Saleh, mengungkapkan, pada tahun 2017 kepatuhan Wajib Pajak diatas 70 persen dan bisa melebihi pencapaian dari tahun lalu yang hanya menembus 65 persen WP.

“Kita inginnya 100, WP 2017 meningkat 70 persen berarti kesdaran masyarakat akan pajak juga meningkat,” ujarnya

Dikatakan Dahlan, program e-filing memberikan kemudahan bagi WP untuk melaporkan pajak. Namun pihaknya masih menerima laporan pajak secara manual bagi masyarakat yang belum bisa memanfaatkan program e-filing.

“Batas akhir penyerahan SPT tahunan pada 31 Maret, Apalagi saat ini, SPT dapat disampaikan melalu online atau e-filling, jadi bisa disampaikan kapan saja dan di mana saja yang penting ada internet,” ujarnya.

Dijelaskannya, telah menjadi komitmen KKP memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

“Kalau seperti biasa, pelayanan akan meningkat pada akhir bulan,” ujarnya.

Menurutnya, masyarkat penghasilan dibawah 4,5 juta per bulan sekarang tidak kena pajak.

“Ia ada kenaikan penghasilan tidak kena pajak sekarang 4,5 Juta,” pungkasnya.

print