Kondisi Ruas Jalan Desa Banuayu Mengkhawatirkan

0
104

oleh Bagus – foto bagus

beritasebelas.com,Baturaja – Tak hanya menimbulkan banjir, curah hujan yang cukup tinggi dalam sepekan terakhir ini juga menyebabkan sebagian ruas jalan di OKU mengalami longsor, bahkan ruas jalan yang telah lama memgalami kerusakan di kawasan Desa Banuayu Kecamatan Lubuk Batang semakin parah.

[Satlantas Polres OKU dan Dinas Perhubungan Kabupaten OKU melakukan pemasangan pemberitahuan kondisi ruas jalan]
“Akibat hujan lebat, jalannya semakin parah, longsornya semakin melebar” kata Kapolres OKI AKBP Ni Ketut Widayana Sulandari melalui Kasat Lantas Polres OKU AKP Candra Kirana SIK saat melakukan kegiatan pemasangan spanduk himbauan jalan rusak, Kamis 13 April 2017.

Menurut perwira balok tiga ini, longsor jalan di Desa Banuayu bahkan telah memakan separoh badan jalan, kondisi ini dikhawatirkan dapat menimbulkan korban, untuk itu bekerjasama dengan pihak Dinas Perhubungan OKU, dan Satlantas Polres OKU melakukan pengaturan lalulintas dengan rekayasa jalan memberlakhkan sistem buka tutup satu jalur.

“Ini merupakan kegiatan preventif kita, sebagai bentuk antisipasi terjadinya korban laka di lokasi tersebut” katanya.

Pihak Lantas Polres OKU dikatakan Cankir, sapaan akrab Kasat Lantas Polres OKU telah melaporkan kejadian ini ke pihak PU dan Balai Besar Nasional untuk segera di lakukan tindakan perbaikan.

“Laporan kita sudah di konfirmasi oleh pusat proyek perbaikan tersebut, sudah di menangkan tender dan dalam waktu cepat segera di perbaiki” ungkapnya.

Melihat kondisi jalan yang tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan  yang bertonase berat, sebagai bentuk antisipasi lain menurut Cankir pihaknya juga memasang spanduk-spanduk himbauan yakni larangan kendaraan muatan di atas 6 ton agar tidak melintas di jalan terbis tersebut, karejna dikhawatirkan akan berbahaya dan membuat longsornya jalan semakin melebar, namun pengendara bertonase diatas 6 Ton dialihkan melalui jalan cor Simpang Kurup atau jalan cor beton Simpang Polres OKU.

“Spanduk kami pasang di 5 titik berbeda, yaitu, di lokasi terbis, di Simpang Sukajadi, Simpang Lubuk Batang, Simpang Kurup dan di Simpang Tiga Peninjauan. Kami berharap perbaikan jalan tersebut dapat segera di laksnakan hingga akhirnya dpat di gunakan untukk persiapan arus mudik lebaran,” harapnya.

print