Koperasi di Banyuasin Kesulitan Dapatkan Bantuan Dana Bergulir, Ada Apa …

0
17

Haqulana

beritasebelas.com,Banyuasin – Pelaku Koperasi di Banyuasin mengeluhkan syarat sertifikat kepemilikan kantor untuk ikut mendapatkan bantuan dana bergulir dengan total Rp 500 milyar se Sumatera Selata.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Banyuasin Ria Adriani.  Menurutnya, butuh penyederhanaan dan permudahan syarat dalam penyaluran dana Banyuasin yang di gulirkan Lembaga Penyaluran Dana Bergulir (LPDB) untuk Koperasi. Untuk bantuan dalam permodalan untuk Koperasi se Sumatera Selatan sendiri sudah ada mencapai Rp 500 miliar yang penyalurannya melalui Lembaga Penyaluran Dana Bergulir.

“Salah satu syaratnya harus ada sertifikat tanah kantor atau tempat Koperasi yang memang milik Koperasi, itulah yang menjadi kendala Koperasi di Banyuasin untuk dapat Bantuan dari LPDB.” Katanya, Selasa 8 Agustus 2017.

Hal ini menurut Ria, ratusan Koperasi yang ada di Banyuasin masih banyak yang menyewa tempat atau Koperasi bukan milik Koperasi itu sendiri.

“Kalau Koperasi di Banyuasin baru berkembang dan bangunan kantor juga masih sewa, saya berharap syaratnya dapat di permudah,” ucapnya.

Dikatakannya sejauh ini, pihaknya telah mengajukan permohonan dalam syarat untuk mendapatkan bantuan dana LPDB.

“Kita sudah komunikasikan hal tersebut ke pusat agar ada kemudahan, kalau jumlah Koperasi ada 415, sedangkan yang aktif ada 294 Koperasi yang aktif,” paparnya.

Sementara itu, Siska Marleni Anggota Komite IV DPD RI mengatakan pihaknya akan berusaha untuk menyampaikan aspirasi, tentang penyederhaan dalam mendapatkan Bantuan dana dari LPBD.

“Kita akan sampaikan dan seharusnya dengan adanya reformasi agraria terasa penyederhanaannya,” singkatnya.

print