KPU Sumatera Selatan Tetapkan Hasil Rekap Suara Pilgub Sumatera Selatan

0
663
[Hasil rekap KPU Sumatera Selatan]

Erika

beritasebelas.com,Palembang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan, menetapkan pasangan hasil rekap suara Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Minggu 8 Juli 2018 pada pleno rekap hasil perhitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan di aula Sekretariat KPU Sumatera Selatan.

Berdasarkan hasil rekap perolehan suara, pasangan calon nomor urut 1 Herman Deru-Mawardi Yahya  meraih suara terbanyak dengan perolehan  1,394,438  suara atau 35,96 persen. Sedangkan Paslon nomor urut 4 Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramanda Kiemas berada di posisi 2 yang mencatat 1.200.625 suara.

Disusul Paslon nomor 3 Ishak Mekki-Yudha Pratama yang mengumpulkan 839.743 suara dan terakhir Paslon nomor urut 2 Syaifudin Aswari,-Irwansyah  mengantongi 442.820 suara.

Selanjutnya, jumlah suara sah 3.877.626 tidak sah 133.072 dan total suara sah ditambah suara tidak sah 4.010.698. Sesuai tahapan pemilihan kepala daerah serentak 2018, Komisi Pemilihan Umum Privinsi (KPU) Sumatera Selatan mulai melakukan rekapitulasi perhitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Minggu 8 Juli 2018 di aula Sekretariat KPU Sumatera Selatan.

Rekapitulasi hasil perolehan suara ini dihadiri oleh komisioner KPU Sumatera Selatan, Komisioner KPU kabupaten/kota, Bawaslu jajaran, saksi masing-masing pasangan calon, FKPD dan undangan.

Dalam kata sambutannya, Ketua KPU Sumatera Selatan Aspahani mengatakan, secara jadwal dan sesuai dengabn Peraturan Komisi Pemilihan Umum,  bahwa 7-9 Juli 2018 saat ini telah  memasuki pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan surat suara  Pilgub Sumatera Selatan di tingkat provinsi.

“Ini merupakan bagian yang harus kita selesaikan sesuai jadwal, yang merupakan proses tindak lanjut rekapitulasi ditingkat kabupaten/kota 5 Juli lalu,” katanya.

Aspahani melanjutkan, persiapan rekap tingkat provinsi ini telah dilakukan sebaiknya, mulai dari persiapan teknis, keamanan dan tertib administrasi.

“Insya  Allah semua tahapan ini bisa kita selesaikan sebaik-baiknya,” katanya.

Dia juga mengucapkan terima  kasih pada semua pihak yang telah berparitisipasi menyukseskan Pilkada serentak di Sumatera Selatan. Sejauh ini seperti yang telah diketahui oleh semua pihak, pada hari pencoblosan 27 Juni lalu berjalan dengan sukses. Tidak ada pemilih yang masuk DPT yang tidak bisa menyalurkan hak pilih.

Adapun kejadian selain pelaksanaan di TPS tentu kewenangan Baswaslu Sumatera Selatan untuk memberikan rekomendasi di KPU setingkat. Semua itu adalah koridor dan dinamika demokrasi yang harus dijunjung tinggi.

“Bila dikemudian hari hasil-hasil  itu ada sengketa sesuai prosedur dapat diajukan keberatan ke Mahkamah Konstitusi dengan syarat-syaratnya,” katanya.

print