Labkesda Pagaralam Anjurkan Konsumsi Sayuran Hidroponik

0
17

A Yudiansyah

[Petugas Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Pagaralam menunjukkan sayuran organik yang ditanam dengan teknik hidroponik – foto A Yudiansyah beritasebelas]
beritasebelas.com,Pagaralam – Meningkatnya perkembangan sayuran hidroponik di Kota Pagaralam, membuat sektor pertanian yang digarap dengan sistem organik ini, mulai diperhitungkan konsumen sayuran. Sebab, sayuran hasil hidroponik ini lebih sehat dan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan saat dikonsumsi.

Dr Ima selaku petugas Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Pagaralam mengatakan, sayuran hidroponik sangat baik dan sehat untuk dikonsumsi. Pihaknya pun meminta agar penggiat hidroponik membuat rangkaian di tempatnya.

“Saya sudah coba, rasanya memang beda bila dibandingkan dengan sayuran yang di tanam disawah. Saya ingin agar para petaninya dapat membuat rangkaian untuk Kantor Labkesda, agar dapat memberikan contoh sayuran yang sehat,” ujarnya, Kamis 26 April 2018.

Zulkarnain selaku penggiat hidroponik di Kota Pagaralam menuturkan, dirinya melakukan langkah agar sayuran yang dihasilkan bagi masyarakat benar-benar sehat.

“Ya, sayuran itu sehat, karena tanpa menggunakan pestisida. Jadi akan lebih baik tanpa pestisida. Sayuran itu kan menyehatkan, jadi unsur yang ada di dalamnya pun akan benar-benar terjaga. Solusinya ialah organik, karena memang alami tanpa gangguan kimiawi,” ujarnya.

Zul, berharap kedepannya sayuran hidroponik dapat mendominasi sayuran Kota Pagaralam. Sebab, Kota Pagaralam akan mendapatkan nama dari kualitas baik dari sayuran itu sendiri.

“Sejauh ini, meski media tanam ditanah, akan tetapi petani sudah menerapkan pupuk kompos. Nah, kita kenalkan tanaman dengan media air, dengan tempat minimal dan hasil maksimal, serta kualitas memuaskan,” pungkasnya.

print