Lahat Mempunyai 137 Air Terjun, Terbanyak di Indonesia

0
15

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Lahat yang dikenal dengan berbagai keunikan kembali menunjukan pesona alam yang indah, sekaligus menambah potensi objek wisata air terjun dari 136 menjadi 137 air terjun yang tercatat dan sekaligus Lahat masih memimpin dengan potensi alam air terjun terbanyak di Indonesia.

[Air Terjun Muara Payang Lahat – foto A Yudiansyah beritasebelas]
Hal ini dikatakan Ketua Panaromic of Lahat Mario Andramatic setelah mereka menjelajah dalam rangka jelajah alam atau ekploring potensi wisata alam yang ada di Lahat beberapa hari yang lalu.

Dalam jelajah kali ini mereka mengunjungi air terjun Muara Payang yang terletak di Desa Kebun Jati Kecamatan Kota Agung sekitar 1.5 jam dari pusat Kota Lahat untuk menjangkaunya.

“Kalau sudah sampai di Desa Kebun Jati masih harus berjalan sekitar 30 sampai 40 menit untuk sampai ke lokasi air terjun,” jelas Mario.

Walaupun medan yang harus dilewati cukup terjal, dengan kemiringan 80 derajat, namun air terjun muara payang ini memiliki keunikan yang sangat berbeda dengan air terjun sebelumnya.

“Air terjun ini bisa di bilang air terjun tertinggi yang kami temui sebab mempunyai ketinggian 120 meter dan mempunyai dua tingkatan yang menambah daya tarik tersendiri,” ungkap Mario.

Sementara Yopi dan Gito masyarakat yang menjadi Guide (penunjuk jalan) saat mengantar team Panaromic of Lahat ke lokasi, membenarkan salah satu alasan kenapa air terjun ini jarang sekali dikunjungi oleh masyarakat desa sendiri, maupun wisatawan karena memiliki jalur yang terjal dan berbahanya.

“Memang nian jalanyo takut karno terlalu miring dan terkadang licin nian hingga bisa sangat fatal dan berbahaya” kata mereka.

Yopi berharap kedepanya kunjungan Panaromic of Lahat adalah estapet untuk memajukan dan menginformasikan ke masyarakat hingga di buat akses jalan seperti tangga untuk menuju lokasi.

“Selain tinggi air terjun ini mempunyai keunikan lainya seperti air nya yang tak pernah berubah warna saat musim hujan atau musim kemarau, kebanyakan air terjun kalau musim hujan airnya akan berwarna kekuning kuningan namun air terjun Muara Payang di Desa kebun Jati ini tetap jernih,” pungkasnya.

print