Langgar Perda, 15 Lapak PKL Buah Diratakan Pol PP

0
30
[Puluhan petugas dari Sat Pol PP melakukan pembongkaran lapak penjual buah di pinggir Jalan Lintas Sumatera – foto Bagus beritasebelas]

Bagus

beritasebelas.com, Baturaja -Setelah melayangkan surat peringatan beberapa kali, akhirnya Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melakukan penertiban lapak kaki lima (PKL), penjual buah di Jalan Lintas Tengah, wilayah Baturaja, Kelurahan Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur, Senin 30 Juli 2018.

Kasat Pol PP dan Linmas, Kabupaten OKU, Agus Salim, menjelaskan, ditertibkanya lapak pedagang buah ini dikarenakan tidak sesuai peruntukan. Pasalnya sesuai aturan tidak boleh mendirikan lapak untuk berdagang di pinggir jalan kawasan Jalan Lintas.

“Sebelum dilakukan penertiban mereka terlebih dahulu memberikan peringatan kepada pedagang yang bersangkutan. Keberadaannya tidak pada tempatnya. Sesuai aturan tidak boleh berdagang dipinggir jalan. Maka itulah kita lakukan penertiban,” jelas Agus Salim.

Lapak yang ditertibkan ini kata Agus Salim lebih kurang sebanyak 15 lapak pedagang. Informasinya berdirinya lapak ini menyewa dengan pemilik tanah. Setelah pedagang diberi peringatan, mereka pedagang melakukan pembongkaran dengan sendirinya.

“Sekarang tinggal melakukan pembersihan. Kita sudah berkoordinasi dengan pihak kebersihan,” ungkapnya.

Saat ditanya bagaimana selanjutnya, apakah pedagang dialihkan, kata Agus Salim ia belum bisa memberikan komentar. Yang jelas kata dia, silakan berdagang, asalkan dengan syarat tidak melanggar aturan yang berlaku dan jangan sampai menganggu ketertiban dan aktifitas lalulintas.

Pantauan dilapangan, ratusan petugas gabungan dari Pol PP OKU, Polisi dan pihak kecamatan turun ke jalan melakukan penertiban dan pengamanan. Puing-puing lapak pedagang buah sudah rata dengan tanah. Tidak terlihat lagi satu pun pedagang di sana pagi itu.

print