Lewat CSR, Conoco Philip Beri Beasiswa Guru Daerah Terpencil

0
28
[Halal bihalal dan silaturahim Conoco Philips bersama Insan Pers di Hotel Aryaduta Palembang-foto Arto beritasebelas]

Arto

beritasebelas.com, Palembang – Lewat program Corporate Social Responsibility (CSR), Conoco Philips berkomitmen memberikan bantuan beasiswa kepada guru yang diprioritaskan pada mereka di pendidikan di daerah terdepan, terluar dan terpencil (3T), khususnya di wilayah kerjanya yakni di Musi Banyuasin (Muba).

CSR Officer Conoco Philips Sumsel, Edi Junaidi menerangkan, untuk program beasiswa ini pihaknya mengeluarkan dua kategori yakni beasiswa enterpreneurship dan pendidikan. Di mana untuk program beasiswa enterpreneurship pihaknya menyeleksi penerima beasiswa melalui proposal pengajuan pengembangan potensi lokal wisdom, khususnya dibidang berniaga.

Sementara untuk program beasiswa pihaknya memfokuskan pemerataan pendidikan di wilayah 3T, khususnya pelajar yang pra sejahtera dan berprestasi di bidang akademik. Di mana calon penerima minimal indeks prestasinya (IP) 2,75.

“30-40 persen penerima beasiswa pendidikan ini adalah guru honor di daerah 3T. Jadi kita fokuskan tenaga pendidiknya untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi guna memberi pelajaran yang lebih baik kepada anak didiknya nanti,” ujar Edi dalam acara halal bihalal di Ballroom Hotel Aryaduta, Kamis 19 Juli 2018.

Edi menjelaskan, pengajuan beasiswa pendidikan ini sendiri mulai dapat diajukan pada saat calon penerima beasiswa sudah masuk semester tiga. “Baik untuk jenjang D3 maupun S1,” paparnya.

Program beasiswa pendidikan ini, lanjut dia, bersifat putus-putus sehingga tiap tahunnya baik pelajar yang sudah menerima beasiswa maupun yang belum menerima, harus mengirimkan pengajuan permohonan beasiswa kepada pihaknya. “Sampai saat ini sudah ada 5.540 pelajar yang kita bantu pendidikannya. Sementara untuk program periode 2018 pendaftarannya baru akan dibuka pada September mendatang,” ujarnya.

Selain itu, diakuinya, program ini belum maksimal. Pasalnya, pihaknya belum mampu untuk memberikan program kepada semua pelajar di Sumatera Selatan (Sumsel) dikarenakan terkendala dana yang terbatas. “Jadi kita fokuskan di seputar wilayah kerja kita. Harapan kita kedepan juga dapat menyentuh semua pelajar di Sumsel bahkan dapat membiayai pendidikan mereka hingga jenjang S2 bahkan kuliah ke luar negeri,” harapnya.

Sementara itu, salah satu penerima program beasiswa Conoco Philips, Yulianti mengaku, sangat berterima kasih atas program tersebut , sebab melalui program tersebut sangat berdampak kepada pendidikan dan jenjang karirnya. “Harapannya program ini terus berlanjut bahkan hingga ke jenjang yang lebih tinggi lagi,” jelasnya.

print