Lewat Islam Melayu, UIN Sabet Anugerah Budaya

0
8

Arto

[Pihak Perwakilan UIN Raden Fatah Palembang saat menerima penghargaan dari Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin – foto Arto beritasebelas)
beritasebelas.com,Palembang – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang kembali dianugrahkan sebagai kampus yang mendapatkan penghargaan Anugrah Apresiasi Budaya 2018 dari Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, H Alex Noerdin di Griya Agung Palembang, Senin 26 Juni 2018 malam.

Kepala Biro Akademik, Alumni, Kemahasiswaan dan Kerjsama (AAKK) UIN Raden Fatah Palembang, Mirwan Pasta mengatakan, anugrah tersebut merupakan yang kedua kali yang diraih UIN Raden Fatah secara berturut-turut.

Menurutnya, hanya ada tiga kampus di Sumatera Selatan yang mendapatkan penghargaan tersebut dan salah sartunya UIN Raden Fatah Palembang.

“UIN memang memiliki distingsi Islam Melayu, jadi berbagai kegiatan yang terkait dengan budaya menjadi salah satu perhatian kita,”ungkapnya saat dijumpai di UIN Raden Fatah Palembang, Selasa 26 Juni 2018.

Dijelaskan Mirwan, mempertahankan prestasi seperti ini lebih sulit ketimbang berjuang mendapatkannya, hal ini tidak terlepas dari berbagai respon posistif dari aktifitas mahasiswa, baik secara akademik maupun aktifitas secara fisik dengan tulisan Melayu diberbagai ornamen gedung UIN Raden  Fatah Palembang.

“Kita memiliki Unit Kegiatan Mahsiswa (UKM) seni budaya dimana mahasiswa bisa menyalurkan berkreasi dalam bidang budaya,” paparnya.

Tak hanya itu, tambahnya, setting plan gedung baru UIN Raden Fatah Palembang yang teletak di Jakabaring sudah menggambarkan nuansa Melayu. Selain itu, dicanangkan gedung tersebut atur sedemikian rupa agar terlihat seperti mengambang diatas air.

“Sejak jadi UIN kita sudah memfokuskan untuk mengangkat Islam Melayu. Kita sangat berterima kasih adanya apresiasi dari Gubernur Sumsel terharap UIN Raden Fatah Palembang,” pungkasnya.

print