Masyarakat Lahat Malas Bayar Zakat

0
42
[Ketua Baznas Lahat Nashir Syakni – foto:Ahmad Yudiansyah beritasebelas]

Ahmad Yudiansyah

beritasebelas.com, Lahat – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lahat, hingga semester pertama per Juni 2018 baru menerima uang zakat sebanyak Rp 800 juta, dari angka yang ditargetkan Rp. 2.815.000.000.

Ketua Baznas Lahat, H Nashir Syakni, menjelaskan, jika dalam dua tahun terakhir ini, penerimaan zakat di Kabupaten Lahat menurun drastis dan tidak mencapai target.  Seperti yang terjadi di tahun 2017, di mana angka yang ditargetkan mencapai 3 milyar, hanya tercapai 2,1 milyar.

“2018 tinggal 3 bulan lagi, namun sampai saat ini belum mencapai angka yang kita targetkan. Bahkan masih sangat jauh,” ujar Nashir saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 13 September 2018.

Nashir juga menjelaskan, jika kemerosotan target zakat yang diterima pihak Baznas ini dipicu beberapa faktor. Diantaranya karena ada instansi yang sudah pindah ke provinsi. Selain itu juga, masih adanya dinas dan sekolah dasar yang tidak menyetor zakat, padahal guru menjadi penyumbang terbanyak sebelumnya.

“Kalau penyebab beberapa dinas dan SD yang hingga kini belum menyetor zakat kita belum tahu secara pasti. Namun yang jelas, zakat ini wajib, kita harapkan agar masyarakat lebih sadar lagi akan kewajibannya,” pungkasnya.

print